5 Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol Terbaru Bisa Bantu Kamu Bayar Pinjol!

5 Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol Terbaru Bisa Bantu Kamu Bayar Pinjol!

Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol Terbaru Bisa Bantu Kamu Bayar Pinjol-pexels.com/TimaMiroshnichenko-pexels.com/TimaMiroshnichenko

RADAR TEGAL - Lembaga bantuan pelunasan hutang pinjol bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang terlilit utang. Lembaga ini biasanya memberikan kesempatan untuk berkonsultasi dan memberikan bantuan program keringanan utang.

Bahkan biasanya lembaga bantuan pelunasan hutang pinjol juga akan membantu kamu menghindari tekanan dari debt collector. Kamu juga bisa mengurangi risiko masuk dalam buku Daftar Hitam Nasional (DHN).

Buku DHN sendiri merupakan catatan nama-nama yang di-blacklist oleh Bank Indonesia karena rekam jejak kredit yang buruk, seperti gagal membayar hutang. Orang-orang dalam daftar ini terbatas dalam mengakses layanan keuangan, seperti cek atau bilyet giro.

Dengan bantuan dari lembaga bantuan pelunasan hutang pinjol, kamu bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasi persoalan hutang. Berkonsultasi dengan lembaga ini bisa membantu kamu merancang strategi pembayaran utang yang lebih teratur, mencegah masalah lebih lanjut, dan mengembalikan reputasi kredit kamu.

BACA JUGA:3 Daftar Jasa Bank Pelunasan Pinjol, Simak Syarat dan Ketentuan yang Mudah Dilakukan

5 Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol

1. BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional

Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional berkomitmen untuk membantu para korban pinjol yang tidak mampu membayar utang dan terancam oleh ancaman dari pihak aplikasi. Mulai tahun 2022, Baznas sudah memberikan bantuan pembayaran utang kepada mereka yang termasuk dalam kategori asnaf zakat.

Kategori asnaf zakat yang diberikan bantuan mencakup fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan ibnus sabil. Baznas bertujuan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mendesak.

2. AMALAN

PT Amalan International Indonesia adalah perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada manajemen hutang. Mereka telah memperoleh izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mendapatkan sertifikat dari International Association of Professional Debt Arbitrators.

Peran utama Amalan adalah memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam membayar hutang kepada lembaga keuangan termasuk pinjol. Amalan memberikan bantuan seperti negosiasi dengan pihak pemberi pinjaman untuk merancang rencana pelunasan hutang yang dapat dijangkau oleh nasabah.

BACA JUGA:Yuk, Kenali Jasa Pelunasan Pinjol dan Resikonya

3. YLKI Atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia

YLKI merupakan lembaga pengaduan konsumen yang berperan dalam berbagai industri, khususnya terkait hak konsumen. Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Pinjol ini menerima aduan mengenai permasalahan yang sering dialami konsumen termasuk mengenai hutang offline atau online.

Kamu bisa segera mengadukan adanya teror dari debt collector yang melibatkan perkataan tidak sopan, intimidasi, atau bahkan kekerasan kepada YLKI. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mendaftar akun di situs web mereka, yaitu ylki.or.id.

4. PMN Atau Pusat Mediasi Nasional

Pusat Mediasi Nasional juga bisa menjadi opsi yang sangat berguna bagi kamu untuk menyelesaikan permasalahan hutang pinjol. PMN sendiri merupakan lembaga profesional yang menyediakan layanan mediasi dan pelatihan mediasi.

Proses bantuan yang diberikan oleh PMN serupa dengan Amalan dan YLKI yang nantinya bisa menawarkan bantuan melalui proses mediasi dengan pihak pemberi pinjaman. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan solusi terbaik dalam melakukan mem pelunasan hutang.

BACA JUGA:Bahaya Pinjaman Online Meresahakan Orang, Terbukti Penyebab Masyarakat Sangat Terlilit Hutang

5. BI Atau Bank Indonesia

Bank Indonesia juga bisa menjadi salah satu lembaga bantuan pelunasan hutang pinjol yang bisa kamu pertimbangkan. BI menawarkan bantuan mediasi secara gratis untuk menyelesaikan permasalahan antara nasabah dan bank dengan ketentuan maksimal hutang sebesar Rp500 juta, dan umur sengketa tidak boleh melebihi 60 hari.

BI akan memberikan bantuan mediasi selama maksimal 60 hari kerja sejak pengaduan diajukan. Proses mediasi yang dilakukan oleh BI bersifat fleksibel dan informal, memberikan kesempatan bagi pihak yang terlibat untuk mencapai solusi yang adil.

Jangan ragu untuk mencari bantuan ketika kamu menghadapi kesulitan finansial untuk memastikan langkah-langkah yang diambil dapat memberikan solusi yang efektif. Salah satunya seperti meminta bantuan dari lembaga bantuan pelunasan hutang pinjol tersebut diatas.(*)

Sumber: