Berapa Jumlah Denda Pinjol Maksimal? Cara Jitu Menghindari Jumlah Penalty yang Tinggi

Berapa Jumlah Denda Pinjol Maksimal? Cara Jitu Menghindari Jumlah Penalty yang Tinggi

Berapa Jumlah Denda Pinjol Maksimal? Cara Jitu Menghindari Jumlah Penalty yang Tinggi-ekonomi-radar tegal

RADAR TEGAL - Sejak maraknya pinjol, khususnya yang beroperasi dalam platform Galbay, muncul pertanyaan serius mengenai jumlah denda pinjol maksimal yang bisa dikenakan.

Galbay sebagai salah satu penyedia pinjaman online terkemuka juga tidak luput dari perhatian terkait kebijakan denda yang diterapkan. Jumlah denda pinjol maksimal berapa? Pertanyaan ini menjadi sorotan karena dapat berdampak langsung pada keuangan para peminjam.

Penting bagi para peminjam untuk memahami kebijakan jumlah denda pinjol maksimal yang diterapkan oleh platform pinjaman. Setiap pinjol memiliki aturan yang berbeda terkait denda, dan Galbay tidak terkecuali.

Sebagai konsumen yang cerdas, pemahaman mendalam terkait ketentuan ini sangat krusial agar tidak terjerat dalam utang yang sulit diselesaikan. Berapa jumlah denda pinjol maksimal? Pertanyaan ini perlu dijawab agar konsumen dapat mengambil keputusan yang bijak sebelum mengajukan pinjaman.

BACA JUGA:Penyalahgunaan Data Pribadi untuk Pinjol Bisa Dicek, Yukk Periksa Apakah KTPmu Dipakai Orang Lain atau Tidak

BACA JUGA:7 Pinjol Tanpa DC Lapangan Syarat Mudah, Dapat Dana Tunai Cepat Tanpa Ribet dan Khawatir teror Debt Collector

Jumlah denda pinjol maksimal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan aturan baru untuk membatasi bunga dan denda pinjol. Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran OJK (SEOJK) No. 19/SEOJK.06/2023 tentang Batas Maksimum Manfaat Ekonomi dan Denda Keterlambatan Pinjaman Online.

Berdasarkan SEOJK tersebut, batas maksimum bunga pinjol untuk pendanaan konsumtif adalah 0,3% per hari. Sementara itu, batas jumlah denda pinjol maksimal untuk pendanaan konsumtif adalah 0,3% per hari kalender dari nilai baki debit.

Aturan baru ini mulai berlaku pada 1 Januari 2024. Dengan adanya aturan ini, beban utang pinjol akan menjadi lebih ringan, karena bunga dan denda yang dibebankan akan lebih kecil.

Cara Menghindari Denda Pinjol yang Tinggi

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara menghindari jumlah denda pinjol maksimal. Berikut adalah 10 langkah jitu yang bisa Anda lakukan:

BACA JUGA:7 Pinjol Tanpa Debt Collector Terbaik 2023, Pinjam Dana Aman dari Penagihan Tidak Etis

BACA JUGA:7 Pinjol Tanpa DC Lapangan, Bebas dari Ancaman Debt Collector, Pas untuk Kebutuhan Mendesak

Sumber: