Tahun Ini, Ribuan Unit Jambanisasi Telah Disalurkan ke Penerima Manfaat di Brebes

Tahun Ini, Ribuan Unit Jambanisasi Telah Disalurkan ke Penerima Manfaat di Brebes

Kabid Kawasan Permukiman dan Pertanahan Dedy Iman Wahyudin.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Tahun ini, pemerintah kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) setempat telah menyakurkan bantuan ribuan jamban sehat. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Brebes dan DAK.

Kabid Kawasan Permukiman dan Pertanahan Dedy Iman Wahyudin mengatakan, tahun ini bantuan jamban sehat dari APBD Brebes sudah selesai. Total ada 1.397 unit bantuan yang bersumber dari APBD, semuanya sudah 100 persen terselesaikan.

"Sedangkan bantuan yang bersumber dari DAK total ada 1.126 unit. Dan yang bwru terealisasi sudah 930 unit," ujarnya, Jumat 1 Desember 2023.

Dedy memastikan, alokasi bantuan yang bersumber dari DAK bakal terealisasi tepat waktu. Sehingga, masyarakat penerima jamban sehat bisa memanfaatkan bantuan tersebut.

BACA JUGA:566 KK di Desa Berstatus Miskin Ekstrem Terima Bantuan Jambanisasi

"Kekurangna yang belum teralisasi bantuan yang bersumber dari DAK insya Allah secepatnya bisa segera terealisasi. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh penerima manfaat," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk jenis bantuan sendiri penerima manfaat yang bersumber dari APBD mendapatkan septic tank dan kloset. Sedangkan dari DAK dapatnya sepctic tank, kloset dan billik.

Sedangkan total anggaran mencapai Rp6,7 miliar. Terdiri APBD sebesar Rp2,3 miliar dan DAK Ep4,4 miliar.

"Dan kami juga telah mengusulkan bantuan yang sama pada tahun depan, yakni usulan dari APBD 650 unit dari DAK 600 unit," pungkasnya. (*)

Sumber: