Bahasa Jawa Nyaris Punah, 3 Provinsi Ini Konsisten Gelar KBJ 5 Tahun Sekali

Bahasa Jawa Nyaris Punah, 3 Provinsi Ini Konsisten Gelar KBJ 5 Tahun Sekali

Sekda Jateng Sumarno saat meberikan sambutan dalam Kongres Bahasa Jawa di Hotel Alana Karanganyar, Selasa, 28 November 2023. -Humas Pemprov Jateng-

Pecegahan Bahasa Jawa punah

Pada era globalisasi, lanjut dia, tidak sedikit tantangan yang dihadapi dalam upaya pelestarian Bahasa Jawa. Sehingga peran tenaga pendidik dan orang tua sangat penting dalam menjaga kelestariannya. 

BACA JUGA: Pemprov Jateng Belum Terima Surat Cuti Kepala Daerah Kampanye Pemilu 2024, Bagaimana dengan Walikota Solo?

Dengan begitu, bahasa Jawa tetap bisa digunakan oleh generasi muda dan anak-anak.

"Saat masa kecil kita masih sering mendengarkan kata-kata Bahasa Jawa, tetapi sekarang sudah jarang kita dengar. Apalagi di daerah perkotaan, anak-anak sekarang lebih banyak yang menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa Jawa," tutur dia.

Setali tiga uang, Sekda Daerah Istimewa Yogyakarta Beny Suharsono mengatakan, upaya menjaga kelestarian bahasa daerah seringkali dianggap mustahil apabila tidak digunakan dalam komunikasi sehari- hari.

"Dalam melestarikan bahasa Jawa, tugas terberat adalah mengajak masyarakat untuk peduli dan secara konsisten ikut terlibat menggunakan bahasa maupun aksara Jawa," katanya.

BACA JUGA: Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pj Gubernur Jateng Ajak Media Massa Tangkal Hoaks: Luruskan Berita yang Bengkok

Benny berharap, Kongres ini secara nyata dapat menjadi titik tolak dalam menjadikan sebuah misi sekaligus kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat untuk bersama-sama merawat dan melestarikan bahasa Jawa.

Demikian informasi terkait upaya 3 provinsi melakukan pelestarian dan perawatan untuk mencegah Bahasa Jawa yang nyaris punah. (*)

Sumber: