Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pj Gubernur Jateng Ajak Media Massa Tangkal Hoaks: Luruskan Berita yang Bengkok

Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pj Gubernur Jateng Ajak Media Massa Tangkal Hoaks: Luruskan Berita yang Bengkok

Pj Gubernur Jatneg Nana Sudjana mengajak media massa untuk menangkal informasi hoaks pada masa kampanye Pemilu 2024.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Informasi hoaks rawan beredar saat masa kampanye Pemilu 2024. Karena itu, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengajak awak media massa untuk ikut menangkal isu hoaks yang berpotensi terjadi pada pehelatan pemilu.

"Hari ini (kemarin) sudah memasuki tahapan kampanye. Kami berharap kepada rekan-rekan media untuk turut bersama menciptakan pelaksanaan pemilu ini berjalan sukses," kata Nana Sudjana usai menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Jurnalistik Wartawan se-Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa, 28 November 2023.

Sebagaimana diketahui, tahapan pemilu 2024, masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Kemudian pada 11-13 Februari 2024 merupakan hari tenang. Pemungutan suara dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024.

Menurut Nana, ketika memasuki masa kampanye, situasi politik berpotensi memanas. Sebab, para kontestan pemilu dan pendukungnya akan berupaya sekuat tenaga untuk memenangkan kontestasi. 

BACA JUGA: Kampanye Politik Pemilu 2024 Besok Dimulai, Bawaslu Kabupaten Tegal Diminta Tidak 'Masuk Angin'

Oleh karena itu, sambung dia, peran jurnalis sangat besar untuk bersama memberikan edukasi melalui pemberitaan yang sesuai dengan kode etik jurnalistik. Media harus menjunjung tinggi integritas dalam mengatasi tantangan seperti disintegrasi bangsa dan penyebaran hoaks. 

“Kami harapkan rekan-rekan media untuk bersama-sama meluruskan berita-berita yang bengkok," kata Nana. 

Dikatakan dia, media massa dan jurnalis memiliki peran penting untuk ikut menyukseskan Pemilu 2024. Khususnya dalam upaya menciptakan pemilu damai yang jauh dari hoaks, ujaran kebencian, serta potensi konflik dan polarisasi di masyarakat.

Langkah-langkah untuk menyukseskan Pemilu 2024 di Jawa Tengah sudah dilakukan oleh Pemprov Jateng bersama stakeholder terkait. Terakhir adalah deklarasi Pemilu Damai yang digelar bersama TNI-Polri, KPU, Bawaslu, Partai Peserta Pemilu, perwakilan komunitas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA: Polda Jateng Siagakan 22 Ribu Pasukan Kawal Kampanye Pemilu 2024 yang Akan Dimulai Besok

"Kita ingin menciptakan suasana di Jawa Tengah tetap sejuk, nyaman, dan kondusif. Di sini peran media massa juga kami harapkan," ujar Nana. (*)

Sumber: