Deteksi Dini Siswinya, SMK Peristek Gelar Screening Kesehatan di Puskesmas Pangkah

Deteksi Dini Siswinya, SMK Peristek Gelar Screening Kesehatan di Puskesmas Pangkah

SCREENING - Sejumlah pelajar putri SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal saat menjalani screening kesehatan bersama petugas Puskesmas Pangkah, Kamis 23 November 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal nampaknya begitu perhatian dengan kondisi kesehatan siswinya. Karenanya, pihak sekolah sengaja melakukan deteksi dini untuk para pelajar putrinya dengan melakukan screening kesehatan di Puskesmas Pangkah. 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh pihak sekolah. Tujuan screening kesehatan ini adalah untuk memantau dan mendeteksi secara dini kondisi kesehatan para siswi SMK Peristek.

"Sehingga nantinya ketika ada siswi yang bermasalah dengan kesehatannya bisa dirujuk ke puskesmas untuk dipantau dan diperiksa, kemudian diberikan pengobatan yang sesuai gejala," ujar Kepala SMK Peristek Pangkah Sukadi, Selasa 28 November 2023.

"Screening kesehatan ini memang sudah rutin dilakukan khususnya untuk pelajar putri. Kami sudah bekerjasama dengan puskesmas," kata Sukadi.

BACA JUGA: Ciptakan Generasi Berkesinambungan, SMK Peristek Pangkah Sertijab Pengurus OSIS

Dia menjelaskan, screening kesehatan yang selama ini lebih dikenal sebagai penjaringan, pemantauan, serta penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan pada Kamis 23 November 2023 lalu. 

Pelajar putri yang mengikutinya yakni siswi kelas X. Mereka dicek darahnya lalu dicek pada alat tes anemia.

Dia berharap, melalui kegiatan ini, para peserta didik SMK Peristek lebih memiliki kesadaran untuk menjaga dan memelihara kesehatannya.

"Karena kesehatan yang prima adalah modal dasar untuk belajar di sekolah," imbuhnya. (*) 

Sumber: