Selamat! Dinas Perpusda Kabupaten Tegal Dapat Penghargaan PASI dari Kementerian PPPA

 Selamat! Dinas Perpusda Kabupaten Tegal Dapat Penghargaan PASI dari Kementerian PPPA

PENGHARGAAN - Sekretaris Dinas Perpusda Kabupaten Tegal Nuzmatun Malinah (kiri) menunjukkan penghargaan PASI predikat Madya dari Kementerian PPPA.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Prestasi nasional baru saja diraih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tegal. Dinas ini berhasil  mendapatkan penghargaan Pusat Informasi Sahabat Anak (PASI) predikat Madya.

Penghargaan PASI tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Bupati Tegal yang diwakili Sekretaris Dinas Perpusda Kabupaten Tegal Nuzmatun Malinah, menerima penghargaan PASI tersebut langsung dari Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Gedung Hysteria Dufan Ancol Jakarta, Senin 20 November 2023.

"Yang menyerahkan penghargaan langsung dari Ibu Menteri," kata Nuzmatun Malinah, saat ditemui di kantornya, Selasa 28 November 2023.

BACA JUGA:Rumah Belajar Cerebal Palsy Kabupaten Tegal Dapat Dukungan dari Dinsos

Sebelum mendapatkan penghargaan PASI ini, semula Dinas Perpusda Kabupaten Tegal disarankan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal untuk mengikuti seleksi secara online.

Lantas, Nuzmatun mengaku langsung mengirimkan data persyaratan yang di-upload melalui online. Termasuk data dan dokumen yang berkaitan dengan anak-anak.

Setelah itu, pihak Kementerian PPPA melakukan verifikasi dan evaluasi. Adapun yang dievaluasi atau dinilai yakni tentang kebijakan, program, pengelolaan, sumber daya manusia, sarana prasarana dan lingkungan serta monitoring evaluasi.

"Jadi prosesnya memang lama. Untuk input data saja membutuhkan waktu sekitar satu bulan," ujar Atun, sapaan akrab sekretaris Dinas Perpusda ini.

BACA JUGA:Menang Lomba Desa Wisata, Bupati Tegal dan Guci Raih Penghargaan Nasional Kemendes PDTT

Dia mengungkapkan, PASI itu diikuti oleh seluruh kota/kabupaten se Indonesia. Namun, hanya 5 kota/kabupaten yang terpilih dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Meski begitu, Atun mengaku bangga karena usahanya tidak sia-sia. Dari sekian ratus kota/kabupaten di Indonesia, Kabupaten Tegal terpilih dan mendapatkan penghargaan dengan predikat Madya.

Dia menuturkan, susunan predikat itu yang terbawah yakni pratama, kemudian madya, nindya dan yang tertinggi adalah layak anak.

Sumber: