Menang Lomba Desa Wisata, Bupati Tegal dan Guci Raih Penghargaan Nasional Kemendes PDTT

Menang Lomba Desa Wisata, Bupati Tegal dan Guci Raih Penghargaan Nasional Kemendes PDTT

PENGHARGAAN - Bupati Tegal Umi Azizah (tengah) foto bersama Sekretaris Dispermasdes Kabupaten Tegal, Kepala Desa Guci dan pengurus BUMDes Guci usai menerima penghargaan pada Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Hotel Aruna.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Ikut ambil bagian dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, Bupati Tegal dan Desa Guci berhasil meraih penghargaan nasional dalam ajang yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tersebut.

Pada ajang yang melibatkan 2.007 desa wisata di Indonesia itu, Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal berhasil meraih juara tiga untuk kategori desa sangat tertinggal, tertinggal, dan berkembang. Tidak hanya itu, juri juga menobatkannya sebagai juara favorit.

Ditemui usai acara penyerahan penghargaan, Bupati Tegal Umi Azizah mengucapkan selamat kepada BUMDes Guci dan Pemerintah Desa Guci atas kemenangan yang berhasil diraih dari kompetisi tingkat nasional ini. Menjadi desa wisata menurutnya menjadi mimpi banyak desa. Sebab pariwisata dalam konteks ekonomi memiliki efek pengganda paling luas.

Sebuah objek wisata tidak hanya menghasilkan pendapatan bagi pengelolanya, tetapi juga membuka peluang usaha lainnya seperti penjualan makanan, minuman, cinderamata, jasa penginapan dan jasa lainnya.

BACA JUGA:Guci Forest Jadi Destinasi Wisata Alam Tegal yang Wajib Dikunjungi, Nikmati Berkemah dengan Vibes Sejuk

Terlebih wisata alam yang dikelola BUMDes Guci berpotensi memadukan tujuan pertumbuhan ekonomi dengan kelestarian lingkungannya.

Alam yang terawat merupakan aset utama usaha wisata, sehingga penduduk desanya memiliki motivasi atau insentif untuk tidak merusak alam desanya.

“Melalui pengelolaan potensi wisata alam di Guci ini setidaknya ada tiga pilar penyangga kalau kita berbicara konsep pembangunan berkelanjutan, yaitu kemajuan ekonomi, kelestarian ekologi, dan keadilan sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Guci Soleh yang hadir bersama pengurus BUMDes mengaku bangga dan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya desa wisata Guci.

BACA JUGA:Selain Indah, Ternyata 3 Destinasi Wisata di Guci Kabupaten Tegal Ini Miliki Mitos yang Jarang Diketahui

“Terima kasih kepada Bupati Tegal yang telah memberikan kesempatan dan semangat kepada kami dan BUMDes,” pungkasnya.

Atas raihan juara tiga ini, Desa Guci berhak atas hadiah uang pembinaan senilai Rp40 juta ditambah Rp5 juta untuk juara favorit. 

Piagam penghargaan diserahkan di Lombok Barat

Sumber: