500 Santri Ponpes di Tegal Ikuti Simulasi Manasik Haji, Ini Rutenya

500 Santri Ponpes di Tegal Ikuti Simulasi Manasik Haji, Ini Rutenya

Simulasi manasik haji santri ponpes di Tegal--

RADAR TEGAL - Ratusan santri dari salah satu pondok pesantren di Kota Tegal mengikuti simulasi manasik haji. Itu, dilakukan untuk memberikan gambaran pelaksanaan ibadah rukun Islam yang ke lima itu kepada para santri.

Kegiatan simulasi manasik haji digelar pada Sabtu 25 November 2023 sore. Dengan mengambil sejumlah rute di Kelurahan Randugunting.

Pimpinan Muassasah Hidayatul Mubtadi-ien Abdul Azis mengatakan kegiatan simulasi manasik Haji diikuti sekitar 500 santri. Dengan mengambil rute, Ponpes MHM- Jalan KS Tubun-Puter-Sultan Agung-Masjid Assalafiyah-Srigunting- Masjid Al Busyro- Sriti-Finish PP MHM.

"Setidaknya ada 500 santri yang mengikuti simulasi manasik haji. Rutenya, sekitar pondok pesantren,"katanya.

BACA JUGA:1.238 Siswa RA di Kabupaten Tegal Melaksanakan Manasik Haji

Menurut Abdul Azis, ada beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Di antaranya, sebagai pembelajaran praktek ubudiyah santri tentang Haji dan event kebersamaan serta kekeluargaan antarlembaga.

"Selanjutnya, mensyiarkan kepada masyarakat pentingnya pendidikan agama pada anak anak. Serta mempublikasikan lembaga agama MHM di wilayah Randugunting,"ujarnya.

Abdul Azis menambahkan, kegiatan yang pihaknya lakukan bukan kali ini saja. Namun, ada beberapa event yang sudah pernah dilakukan.

"Bukan hanya simulasi manasik haji saja yang kita lakukan. Tetapi juga, ada kegiatan lainnya, seperti Maulid Nabi, Isra Mi'raj, khitanan massal dan lainnya,"pungkasnya. (*)

Sumber: