1.238 Siswa RA di Kabupaten Tegal Melaksanakan Manasik Haji

1.238 Siswa RA di Kabupaten Tegal Melaksanakan Manasik Haji

Ketua PC IGRA Kecamatan Talang-Tarub, Rokhmatul Umah bersama jajarannya dan anggota TNI-Polri saat mengawasi berlangsungnya acara manasik haji di Lapangan Desa Karangmangu.-Yeri Noveli-

TARUB, RADARTEGAL.COM - Sebanyak 1.238 siswa Raudhatul Athfal (RA) di Kecamatan Talang dan Tarub, Kabupaten Tegal melaksanakan manasik haji. 

Kegiatan yang digelar oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Talang dan Tarub ini dipusatkan di Lapangan Desa Karangmangu, Kecamatan Tarub, Selasa 31 Januari 2023.

Hadir dalam acara tersebut, Kasubag TU kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tegal H. Kasori. S.Ag.MM, Ketua PD IGRA Kabupaten Tegal bersama jajarannya, Pengawas RA Kecamatan Talang dan Tarub, Kapolsek dan Komandan Koramil Tarub, Kepala Desa Karangmangu, para Tenaga Medis, Kepala RA se Kecamatan Talang dan Tarub dan sejumlah Dewan Guru RA.

Untuk simulasi manasik haji ini dibagi menjadi 3 kloter. Yaitu, kloter 1 RA Al Ikhsaniyah, RA Al Barokah, RA Riyadussholihin, RA Mafatikhul Huda Al Ikhsani dan RA Al Hidayah Karangmangu.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Dukung Penuh Penuntasan Penyertifikatan Tanah Warga

Kemudian kloter 2, RA MNU 38 Mindaka, RA Bina Anak Soleh, RA Bustanul Huda, RA Solahudin Al Ayyubi dan RA Fajar.

Sedangkan kloter 3 yaitu, RA Mambaul Khikmah, RA Al Azhar, RA Al Muawanah, RA Al Amin Bulakwaru dan RA Al Hidayah Kesadikan. 

Ketua Panitia Kegiatan, Kyai Lutful Hakim mengatakan, manasik haji ini tujuannya untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak RA di Kecamatan Talang dan Tarub.

Sehingga para siswa memiliki modal awal untuk melaksanakan ibadah haji di Makkatul Mukarromah Wa Madinatul Munawaroh. 

BACA JUGA:Jembatan Gantung Perbatasan Tegal-Pemalang Memprihatinkan, Kades Banjaragung Minta Segera Diperbaiki

"Semoga tidak hanya simulasi, tapi betul-betul Allah akan mencatat kita semuanya, terutama yang hadir disini semuanya akan dikabulkan oleh Allah SWT bisa naik haji ke Makkah," doanya.

Dia mengungkapkan, anggaran simulasi manasik haji ini adalah swadaya murni. Dilakukan melalui gotong-royong dari anak-anak RA dengan jumlah total biaya sekitar Rp 17.500.000.

"Anggarannya murni dari orang tua siswa," ucapnya.

Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Tegal, H. Kasori menyampaikan, Haji merupakan puncak ibadah seorang muslim yang masuk dalam rukun Islam ke 5. 

Sumber: