Fasilitasi Karya Siswa, SMP Negeri 19 Kota Tegal Sengaja Siapkan 3 Papan Mading

Fasilitasi Karya Siswa, SMP Negeri 19 Kota Tegal Sengaja Siapkan 3 Papan Mading

MENEMPEL-Siswi sedang menempel Mading di papan yang sudah di sediakan di SMP Negeri 19 Kota Tegal, Rabu 22 November 2023. -Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Untuk memfasilitasi minat dan bakat siswanya dalam berkarya, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 19 Kota Tegal sengaja menyiapkan 3 papan mading yang diletakkan di tiga titik yang berbeda. 

Di antaranya di tembok bagian depan sehingga siapapun yang hendak berkunjung ke SMP N 19 Kota Tegal, dapat langsung melihat karya siswa-siswi yang tergabung dalam ekskul mading tersebut. 

Titik selanjutnya yaitu di tembok dekat ruangan OSIS, dan yang ketiga yaitu di tembok sebelah barat di dekat perpustakaan sekolah.

Pembina Ekstrakurikuler Mading Silviani menyatakan, meskipun awalnya sempat kurang percaya diri, pihaknya melihat siswa-siswi penuh semangat dan optimis.

BACA JUGA: Galang Dana Palestina, SDN Mangkukusuman 1 Kota Tegal Berhasil Kumpulkan Rp11.450.500

Karenanya, dia yakin jika ke depannya ekskul ini dapat berjalan semakin lancar. Siswa-siswi dapat membuahkan karya yang dapat dibaca oleh siapa saja yang berkunjung ke sekolah. 

"Sehingga karya-karya mereka dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya," ujarnya.

Beragam tema dalam penyusunan mading atau majalah dinding ini juga telah disiapkan oleh pihak sekolah. Sehingga siswa-siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler mading dapat dengan mudah menyusun dan memikirkan tulisan seperti apa yang akan dibuat oleh mereka dan disesuaikan dengan tema yang sudah ada. 

Bukan hanya untuk siswa-siswi yang tertarik dan berbakat untuk menulis, ekstrakurikuler mading ini juga dapat dimanfaatkan oleh siswa-siswi yang gemar dan pandai menggambar.

BACA JUGA:Keren Lur, Alumni SMA di Tegal Raih Gelar Slam Champion 2023 dalam Unspoken Poetry Slam di Bali

"Karena salah satu unsur penting dalam sebuah mading yaitu adanya gambar-gambar yang menarik, yang dapat diimplementasikan dalam bentuk komik maupun poster," pungkasnya.

Kegiatan ektrakulikuler (ekskul) mading sendiri digelar untuk meningkatkan minat dan bakat siswa-siswinya dalam dunia literasi. Hal itu untuk meningkatkan literasi di semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. 

SMP Negeri 19 Kota Tegal menyelenggarakan ekstrakurikuler tersebut seminggu sekali. Ekskul mading itu diikuti lebih dari 20 siswa yang beberapa di antaranya merupakan perwakilan dari kelas VI dan kelas VII serta ada juga beberapa siswa-siswi yang memang tertarik dengan dunia tulis-menulis.

"Siswa-siswi yang tergabung dalam ekskul yang diselenggarakan di ruang perpustakaan sekolah ini, sudah membuahkan banyak karya di antaranya yaitu puisi, cerpen, artikel, pantun, dan lain sebagainya," kata Kepala SMP Negeri 19 Tegal Rini Priyanti. (*)

Sumber: