15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Salah Satunya Efektif Kurangi Risiko Serangan Jantung

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Salah Satunya Efektif Kurangi Risiko Serangan Jantung

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ternyata banyak sekali, seperti mencegah kanker hingga mengurangi risiko serangan jantung.--

RADAR TEGAL - Minyak zaitun, yang telah dikenal sejak zaman kuno sebagai elixir kesehatan, bukan hanya menjadi bahan pelengkap dalam dapur. Namun minyak zaitun juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. 

Minyak zaitun, juga dikenal sebagai minyak olive, adalah minyak yang diekstrak dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari lembah Mediterania. 

Minyak zaitun telah digunakan selama berabad-abad untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. 

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol), yang bermanfaat bagi kesehatan. 

BACA JUGA:Tiga Manfaat Minyak Zaitun untuk Flek Hitam Menahun, Bisa Menghilangkan Kulit Keriput juga Buruan Simak!

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Asam oleik membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), serta mengurangi risiko penyakit jantung. Polifenol adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Vitamin E adalah antioksidan lain yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan, vitamin K membantu pembekuan darah, dan zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Mari kita telusuri 15 manfaat luar biasa dari minyak zaitun yang bisa meningkatkan kesehatan kalian.

1. Mengatasi Sembelit

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan antara lain, karena kaya akan senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah sembelit kamu.

BACA JUGA: Mudah Ditemukan, Ini Merk Minyak Zaitun yang Bisa Hilangkan Berbagai Permasalahan Kulit

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan kadar gula darah, minyak zaitun dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kamu dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Sumber: