Apakah AC Portbale Boros Listrik? Cek Faktanya di Sini

Apakah AC Portbale Boros Listrik? Cek Faktanya di Sini

Apakah AC Portbale Boros Listrik? Cek Faktanya di Sini-teknologi-radar tegal

RADAR TEGAL - Di tengah cuaca yang semakin panas, AC portable menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak dicari. AC portable dapat membantu mendinginkan ruangan sehingga kita dapat merasa lebih nyaman. Namun, penggunaan AC portable juga dapat berdampak pada tagihan listrik.

AC portable merupakan salah satu barang elektronik yang banyak diminati. AC portable memiliki kelebihan karena dapat dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Namun, apakah AC portable boros listrik?

Secara umum, AC portable memang lebih hemat listrik daripada AC split. Hal ini karena AC portable memiliki ukuran yang lebih kecil dan tidak memerlukan pipa untuk mengalirkan freon.

Namun, konsumsi listrik AC portable juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

BACA JUGA:4 AC Portable Praktis Kurang dari Sejuta yang Dijual di e-Commerce, Bisa Dijadikan Humidifier Juga

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan AC Portable sebagai Pertimbangan, Biar Gak Buru-Buru Beli!

  • Ukuran AC portable

AC portable dengan ukuran yang lebih besar akan mengonsumsi lebih banyak listrik daripada AC portable dengan ukuran yang lebih kecil.

  • Daya pendingin

AC portable dengan daya pendingin yang lebih tinggi akan mengonsumsi lebih banyak listrik daripada AC portable dengan daya pendingin yang lebih rendah.

  • Cara penggunaan

Cara penggunaan AC portable juga dapat mempengaruhi konsumsi listrik. Misalnya, penggunaan AC portable dengan suhu yang terlalu rendah akan mengonsumsi lebih banyak listrik.

Data dan Fakta

Berdasarkan data dari PLN, konsumsi listrik AC portable rata-rata adalah 50-150 watt. Sementara itu, konsumsi listrik AC split rata-rata adalah 330-850 watt.

BACA JUGA:Jadi Pilihan Keluarga! Ini 8 Rekomendasi AC Portable Terbaik 2023, Tetap Dingin dan Murah

BACA JUGA:Kesalahan Pakai AC Portable yang Sering Disepelekan Berdampak Fatal, Cek 5 Hal Berikut Ini!

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa AC portable memang lebih hemat listrik daripada AC split. Namun, konsumsi listrik AC portable juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga perlu diperhatikan agar tidak boros listrik.

Sumber: