Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Tonjong dan Sirampog Brebes

Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Tonjong dan Sirampog Brebes

LONGSOR- Petugas bersama relawan dibantu masyarakat membersihkan material bencana longsor yang menutup akses jalan poros penghubung Kecamatan Tonjong dan Sirampog.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

Sementara dalam waktu yang hampir bersamaan, cuaca hujan berangin menyebabkan sebuah pohon berukuran besar tumbang hingga menimpa kantin yang berada di lingkungan Kantor Kecamatan Sirampog. 

BACA JUGA:DPRD Sentil Pemkab, Material Longsor di Jalan Muncanglarang Tegal Tak Kunjung Dibersihkan

Beruntung saat kejadian, tidak ada petugas maupun warga di sekitar kantin yang bersebelahan dengan musala dan juga kantor Perumda Air Minum Tirta Baribis IKK Sirampog tersebut.

Kordinator Satgas PB BPBD Brebes Pos Aju Bumiayu Budi Sujatmiko, membenarkan terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang yang dipicu mulai berlangsungnya musim hujan tersebut. Bersama dengan dengan TNI, Polri dan komponen terkait lainnya, segera berupaya melakukan langkah penanganan bencana.

"Tujuannya agar dampak bencana dapat diminimalisir, sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu," jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kondisi cuaca yang tengah berlangsung saat ini. Imbauan tersebut lanjut dia, tidak hanya bagi warga desa yang terkena bencana, tetapi juga wilayah lainnya sebagai wilayah zona rawan bencana alam.

BACA JUGA:Pulang Studi Tiru Satuan Pedidikan Aman Bencana, BPBD Kabupaten Tegal Langsung Lakukan Sosialisasi

"Karena kondisi geografis khususnya wilayah selatan Kabupaten Brebes, mayoritas berada di lokasi berbukit. Tingkatkan kewaspadaan, segera cari lokasi aman jika terjadi kondisi cuaca ekstrim," ingatnya. (*)

Sumber: