Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Tonjong dan Sirampog Brebes

Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Tonjong dan Sirampog Brebes

LONGSOR- Petugas bersama relawan dibantu masyarakat membersihkan material bencana longsor yang menutup akses jalan poros penghubung Kecamatan Tonjong dan Sirampog.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bencana tanah longsor dan pohon tumbang yang disebabkan hujan deras kembali terjadi di Kabupaten Brebes, Rabu 15 November 2023 dini hari. 

Tanah longsor dan pohon tumbang itu terjadi di wilayah Kecamatan Tonjong dan Sirampog. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Namun, material tanah longsor sempat menutup akses warga masyarakat setempat. Hal itu membuat akses jalan mereka terhambat.

"Hujan turun semenjak pukul 01.00 WIB, mengakibatkan tanah yang berada di atas bukit mengalami longsor sekitar pukul 04.00 WIB. Material longsor menutup badan jalan," ungkap Asep Supriyono, sekdes Linggapura.

BACA JUGA:5 Rumah Warga Pedagangan Terancam Longsor, BPBD Support Pemdes Evakuasi Penghuni Rumah

Tanah longsor terjadi di ruas Jalan Kabupaten Linggapura-Buniwah. Tepatnya di wilayah Dukuh Bligo Desa Linggapura. 

Material tanah longsor dengan dimensi tinggi 7 meter dan lebar 6 meter yang berasal dari atas tebing, menutup akses jalan poros yang menghubungkan Desa Linggapura Kecamatan Tonjong dengan Desa Buniwah Kecamatan Sirampog.

Pihaknya juga segera berkoordinasi dengan Satlak Penanggulangan Bencana (PB) Kecamatan Tonjong, BPBD dan juga relawan. Untuk dilakukan upaya penanggulangan terkait kejadian bencana longsor tersebut.

"Upaya pembersihan dilakukan bersama Satlak PB Kecamatan Tonjong, TNI/Polri, BPBD Brebes dibantu warga masyarakat. Sehingga akses jalan dapat kembali dilalui oleh masyarakat," terangnya.

BACA JUGA:Dianggap Penyebab Longsor dan Bencana Alam, Begini Legenda Ular Gringsing di Bukit Sitanjung

Banyaknya material tanah longsor yang menutup badan jalan menyulitkan warga untuk dapat melakukan pembersihan. Kondisi tersebut juga seiring dengan masih berlangsungnya hujan di wilayah tersebut.

Karenanya pembersihan material longsor baru dapat dilakukan menjelang pagi.

"Kami juga mempertimbangkan keamanan, karena khawatir kondisi tebing yang masih labil dan sewaktu-waktu bisa memicu longsor susulan," kata Asep.

Pohon besar tumbang timpa kantin di Sirampog

Sumber: