Jangan Anggap Sepele! 5 Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin Semalaman, Salah Satunya Bisa Picu Bell’s Palsy

Jangan Anggap Sepele! 5 Bahaya Tidur Pakai Kipas Angin Semalaman, Salah Satunya Bisa Picu Bell’s Palsy

bahaya tidur pakai kipas angin semalaman--

Udara dingin yang dihasilkan kipas angin bisa menimbulkan Bell’s palsy, yaitu penyakit yang melumpuhkan sistem saraf wajah. Kamu berisiko mengembangkan penyakit ini ketika tidur dengan kipas angin semalaman.

Bell’s palsy menyebabkan pembengkakan wajah di area tertentu. Kamu jadi tidak leluasa berekspresi, seperti tersenyum atau tertawa.

5. Tenggorokan dan Hidung Kering 

Tidur dengan kipas angin dapat membuat hidung dan tenggorokan kamu mengering. Kondisi ini dapat memicu produksi mukus (lendir) berlebih, sinusitis, nyeri kepala, dan hidung mampet.

Karena itu, sebaiknya jangan mengarahkan kipas angin langsung ke arah tempat tidur ataupun tubuh. Jika diperlukan, pasang filter udara di kamar tidur.

BACA JUGA:Ragam Jenis Kipas Angin Modern, Kalian Suka Tipe yang Mana?

6. Kekurangan Cairan

Dehidrasi bisa terjadi ketika tidur pakai kipas angin. Pasalnya, udara dingin yang dihasilkan kipas akan menyerap cairan tubuh. Ketika cairan sudah terserap, tubuh melemah sehingga organ tubuh tidak bekerja dengan baik.

Hindari menyalakan kipas angin semalaman, dan jika suasana sudah sejuk matikan kipas. Minum air putih dan jangan lupa gunakan pelembab wajah agar tidak kering.

Itulah bahaya tidur pakai kipas angin semalaman. Jika kamu ingin tidur menggunakan kipas angin, jangan arahkan kipas angin langsung ke tubuhmu. (*)

Sumber: