5 Penyebab Data Pribadi Bocor dan Berisiko Dijadikan Pinjol, Yuk Lindungi Privasi Anda!

5 Penyebab Data Pribadi Bocor dan Berisiko Dijadikan Pinjol, Yuk Lindungi Privasi Anda!

5 penyebab data pribadi bisa bocor dan berisiko dijadikan pinjol-freepik-

3. Permainan online atau aplikasi

Penyebab data pribadi bocor dan berisiko dijadikan pinjol selanjutnya yaitu karena aplikasi maupun permainan online yang meminta akses pribadi. 

Biasanya saat baru menginstallnya atau membuka program aplikasi, maka akan muncul sejumlah pertanyaan akses yang meliputi kontak sampai media pribadi. Hal ini bisa berisiko adanya pihak ketiga yang menyalahgunakan data tersebut.

BACA JUGA : 4 Langkah Memperbaiki Data Rusak karena Pinjol, Bisa Pulih Lagi dengan Tahapan Ini Kok!

4. Transaksi online

Transaksi online juga bisa menjadi sumber yang membuat data pribadi seseorang bocor. Saat melakukan transaksi online, konsumen akan memasukan informasi kartu kredit.

Dari sinilah kebocoran data bisa terjadi, apalagi jika sistem keamanan pada platform transaksi tersebut lemah.

5. Jaringan WiFi publik 

Jaringan internet publik sangat berisiko tinggi akan adanya pencurian data pribadi. Baik itu jaringan yang berbayar atau gratisan. Data-data pribadi pengguna yang menghubungkan perangkatnya ke jaringan WiFi bisa berisiko diretas.

Kesimpulan

Ada 5 sumber yang bisa berisiko membuat data pribadi Anda bocor. Mulai dari media sosial, cyber hacking, permainan online atau aplikasi yang digunakan, transaksi online, sampai jaringan WiFi publik.

BACA JUGA : Begini Cara Cek KTP Digunakan untuk Pinjol atau Tidak Cuma Lewat Smartphone

Maka dari itu, penting untuk Anda berhati-hati untuk tidak asal menginstal aplikasi di smartphone Anda maupun menghubungkan perangkat Anda pada jaringan internet publik. Apalagi jaringan tersebut gratisan karena risiko peretasannya tinggi.

Itulah 5 penyebab data pribadi bisa bocor dan berisiko dijadikan pinjol oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Jangan lupa selalu jaga keamanan perangkat dan privasi Anda! (*)

Sumber: