4 Langkah Memperbaiki Data Rusak karena Pinjol, Bisa Pulih Lagi dengan Tahapan Ini Kok!

4 Langkah Memperbaiki Data Rusak karena Pinjol, Bisa Pulih Lagi dengan Tahapan Ini Kok!

4 langkah memperbaiki data rusak karena pinjol -freepik-

RADAR TEGAL – Anda bisa mengikuti 4 langkah berikut untuk memperbaiki data rusak karena pinjol. Anda masih bisa memulihkan data pribadi Anda meski sempat galbay cicilan sebelumnya.

Langkah untuk memperbaiki data rusak karena pinjol ini mudah bisa Anda lakukan hanya lewat smartphone. Meskipun prosesnya terbilang tidak instan, namun cara ini efektif untuk mengembalikan data Anda yang sudah rusak sebelumnya karena galbay.

Maka dari itu, terapkan 4 langkah berikut untuk memperbaiki data rusak karena pinjol. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar.

4 langkah memperbaiki data rusak karena pinjol

Jika Anda mengajukan pinjaman online yang legal, maka ketepatan Anda dalam membayar nanti tentunya akan mempengaruhi skor kredit atau riwayat kredit Anda.

BACA JUGA : 3 Cara Mencegah agar KTP Tidak Dijadikan Data Pinjol oleh Orang Lain

Namun, jika Anda terlanjur galbay atau telat membayar cicilan, Anda masih bisa memperbaiki skor kredit atau data Anda agar kembali baik. 

Cara ini memang tidaklah membuat data kembali baik dengan cepat, namun sangat bisa Anda terapkan untuk memulihkannya secara perlahan.

1. Hubungi layanan pinjol

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan data busuk sebelumnya, yaitu menghubungi layanan pinjol.

Anda bisa mencoba membuat negosiasi bersama mereka. Entah itu diskusi perpanjangan waktu, restrukturisasi hutang, maupun keringanan suku bunga.

Hal ini bisa memberikan Anda keringanan sedikit untuk segera melunasi pembayaran yang menunggak. Nantinya, data Anda juga bisa membaik atas keringanan yang telah diberikan.

BACA JUGA : 3 Kriteria Nasabah Pinjol yang akan Diberikan Keringanan, Apakah Anda Termasuk?

2. Buat rencana ulang soal pembayaran hutang

Sumber: