Mantap Jiwa! Jateng Sabet Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023, Dapat Bonus Rp10 Miliar

Mantap Jiwa! Jateng Sabet Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023, Dapat Bonus Rp10 Miliar

Menteri PUPR menyerahkan plakat dan sertifikat kepada para pemenang Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) kembali menunjukkan taringnya di ajang Penghargaan Konstruksi Indonesia. Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK), Pemprov Jateng menyabet juara 1 Kategori Pembinaan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023.

Ini merupakan kali kedua Pemprov Jateng menjadi yang terbaik dalam Penghargaan Konstruksi Indonesia. Sebelumnya pada Penghargaan Konstruksi Indonesia 2022, Pemprov Jateng juga dinobatkan sebagai yang terbaik pada Kategori Pembinaan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Penghargaan diserahkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, kepada Kepala DPU BMCK Jateng AR Hanung Triyono, Jumat 3 November 2023 malam.

Menurut Hanung, apresiasi dua tahun berturut-turut diberikan karena Jateng dinilai terbaik dalam pembinaan penyelenggaraan jasa konstruksi di tingkat provinsi. 

BACA JUGA:Siap-sap, Pemprov Jateng dan Korea Selatan Sediakan 1.000 Beasiswa Pendidikan ke Negeri KPop

Hal itu menjadi pelecut agar pemprov terus melayani pelaku jasa konstruksi di provinsi ini, melalui pembinaan dan pengawasan jasa konstruksi. Sehingga, pembangunan konstruksi yang berkualitas prima, dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Ini membanggakan teman-teman, karena bisa semakin meningkatkan kerja keras mereka, dan pengabdian pada negara. Juga pengabdian kami terhadap jasa konstruksi di Jawa Tengah. Terima kasih kerja kerasnya," katanya, Sabtu, 4 November 2023. 

Hanung mengatakan, tidak hanya mendapat plakat dan sertifikat. Kemen PUPR juga memberikan hadiah program penyertifikatan bagi 500 tenaga ahli konstruksi, serta program pengelolaan jalan sebesar Rp10 miliar.

"Dengan penghargaan ini kita mendapat hadiah (kuota) 500 sertifikasi fresh graduate tenaga ahli, dan program penanganan jalan senilai Rp 10 miliar, untuk jalan provinsi," ujarnya.

BACA JUGA:Raih Nilai 96,2, Pemkab Tegal Lolos Uji Publik KIP Award Jateng Tahun 2023

Seperti diketahui, Pemprov Jateng berkomitmen membangun konstruksi berkualitas bagi warganya. Penggunaan produk dalam negeri pun dimaksimalkan untuk berbagai pembangunan konstruksi, seperti aspal buton. 

Hal serupa diungkapkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono. Dia mendorong penggunaan produk dalam negeri untuk pembangunan infrastruktur. Dia mencontohkan, pembangunan Istana Presiden di IKN yang 100 persen interiornya dari produk dalam negeri.

"TKDN is a must. Kalau kita belum bisa produksi sendiri, minimal pabrik untuk assembly atau perakitannya ada di Indonesia. Harus kita dorong, sehingga dapat membuka lapangan kerja juga bagi kita," katanya. 

Ditambahkan, TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri adalah persentase buatan dalam negeri dalam suatu produk. Pemerintah terus mendorong optimalisasi TKDN, termasuk dalam pembangunan berbagai proyek infrastruktur di tanah air.

Sumber: