Siap-sap, Pemprov Jateng dan Korea Selatan Sediakan 1.000 Beasiswa Pendidikan ke Negeri KPop

Siap-sap, Pemprov Jateng dan Korea Selatan Sediakan 1.000 Beasiswa Pendidikan ke Negeri KPop

Pj Gubernur Jateng mengungkapkan ada 1.000 beasiswa pendidikan yang disiapkan hasil kerjasama Pemprov Jateng dan Korea Selatan.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Kabar gembira bagi masyarakat Jawa Tengah yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea Selatan. Ada 1.000 beasiswa pendidikan yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan Korea Selatan (Korsel).

Hal ini diungkapkan Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana usai rapat koordinasi dengan Kepala Biro Pemerintah, Otonomi Daerah, dan Kerja Sama bersama OPD terkait di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat, 3 November 2023.

Seperti diketahui, kerjasama yang dibangun oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Chungcheongbuk-do (CCBD), Korea Selatan (Korsel) menghasilkan berbagai kerjasama. 

Sejumlah bidang yang dilakukan kerjasama sebagai sister province adalah sektor pendidikan, ekonomi, informasi teknologi (IT) dan media, olahraga, pertanian, dan reformasi birokrasi.

BACA JUGA:Raih Nilai 96,2, Pemkab Tegal Lolos Uji Publik KIP Award Jateng Tahun 2023

"Jadi kami menindaklanjuti peningkatan kerja sama sebagai sister province dengan Chungcheongbuk-do, Korea Selatan,” kata Pi Gubernur Jateng.

Menurut Nana, peningkatan kerjasama antara kedua provinsi ini dapat meningkatkan hubungan internasional antara Indonesia dengan Korea Selatan yang sudah berjalan baik. Selain itu, Kerjasama ini juga mampu meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat Jawa Tengah.

Dibeberkan Nana, kerjasama yang ditingkatkan pada sektor pendidikan meliputi peluang beasiswa level sarjana di Chungcheongbuk-do dan penyerapan lulusan SMA/SMK di perusahaan asal Korea Selatan. 

Termasuk peningkatan kompetensi sekolah vokasi di Jawa Tengah agar link and match dengan perusahaan.

BACA JUGA:Masyarakat Gak Perlu Panik, Stok Beras Jateng Surplus 2,41 Juta Ton, Pj Gubernur: Inflasi Masih Dibawah 3

"Jadi dipersiapkan kurang lebih 1.000 beasiswa. Jadi mereka bisa kuliah di sana sambil bekerja di perusahaan. Ini akan terus kami tindaklanjuti dan siapkan skemanya," jelasnya.

Sedangkan, untuk kerjasama sektor ekonomi, diantaranya terkait ekspor sejumlah produk unggulan Jawa Tengah seperti bahan baku kosmetik, batik, furniture, dan beberapa produk lainnya. Kerjasama di bidang ini sudah berjalan dengan baik. 

Untuk investasi, Korsel ini menempati urutan kedua investor tertinggi yang ada di Jawa Tengah. 

“Ini akan lebih kita tingkatkan lagi ekspornya. Kami akan banyak mengekspor produk seperti baju batik, furniture, dan produk-produk lain," katanya.

Sumber: