Kenali Bahaya Isi Bensin Eceran dan Dampaknya bagi Kinerja Kendaraan, Bisa Turun Mesin!

Kenali Bahaya Isi Bensin Eceran dan Dampaknya bagi Kinerja Kendaraan, Bisa Turun Mesin!

Kenali Bahaya Isi Bensin Eceran dan Dampaknya bagi Kinerja Kendaraan, Bisa Turun Mesin!-desain by writer-pixabay.com/JirkaF

RADAR TEGAL - Apakah Anda pernah mengisi bahan bakar kendaraan tetapi tidak di pom? Anda harus mengenali bahaya isi bensin eceran agar tidak berdampak pada kendaraan Anda kedepannya. 

Dengan mengetahui bahaya dari isi bensin eceran tentu membuat Anda semakin waspada. Kewaspadaan tersebut akan melindungi Anda ke depannya. Bahkan, tidak hanya Anda sebagai pengguna tetapi motor Anda juga akan aman.

Namun, terkadang para pemilik kendaraan menemui situasi sulit dan harus mengisi bensin di tempat-tempat yang menyediakan bensin eceran. Meski Anda tahu bahaya bensin eceran tetapi keadaan yang tidak memungkinkan sehingga harus mengisi secara eceran.

Memang tampak sebagai solusi sementara tetapi bahaya isi bensin eceran tetap perlu diwaspadai. Dampaknya akan sangat merugikan kinerja kendaraan Anda.

BACA JUGA:4 Keunggulan Memilih Jenis Mobil LCGC dan Rekomendasi Terbaiknya 2023

Bahaya isi bensin eceran

  • Kualitas bensin belum terjamin

Salah satu bahaya utama mengisi bensin eceran adalah kualitasnya yang diragukan. SPBU biasanya memiliki sumber bensin yang lebih terjamin.

Sedangkan bensin eceran sering berasal dari sumber yang kurang jelas. Bensin yang buruk atau terkontaminasi dapat merusak mesin kendaraan Anda.

  • Resiko terhadap mesin kendaraan

Kerusakan pada mesin kendaraan dapat disebabkan oleh bensin berkualitas rendah atau terkontaminasi. Partikel asing dalam bensin dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan mengurangi umur mesin kendaraan.

Meskipun kerusakan ini mungkin tidak terlihat secara langsung, pada akhirnya Anda akan mulai merasakan dampak negatifnya. Maka dari itu, bensin yang berkualitas juga perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Lebih Pilih Mobil MPV atau SUV untuk Keluarga? Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Membelinya

  • Penurunan kinerja mesin

Jika Anda menggunakan bensin berkualitas rendah, mesin kendaraan Anda mungkin tidak bekerja dengan baik. Anda mungkin mengalami penurunan tenaga, peningkatan konsumsi bahan bakar, atau bahkan mesin mati secara tiba-tiba. 

Tentunya semua hal tersebut akan mengganggu Anda saat berkendara. Seiring berjalannya waktu, jika terlalu sering mengisi bensin eceran maka kendaraan Anda akan mendapatkan dampaknya.

  • Potensi masalah pada sistem bahan bakar

Mengisi bensin dengan bensin eceran juga dapat memengaruhi sistem bahan bakar kendaraan Anda. Partikel asing dalam bensin dapat menyumbat filter bahan bakar dan menyebabkan masalah pada pompa bahan bakar. 

Sumber: