Lebih Pilih Mobil MPV atau SUV untuk Keluarga? Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Membelinya

Lebih Pilih Mobil MPV atau SUV untuk Keluarga? Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Membelinya

Pilih MPV atau SUV | Foto: tsasuzuki.com--

RADAR TEGAL – Bagi Anda yang bingung mengenai lebih baik mana pakai mobil MPV atau SUV untuk mobil keluarga? Begini penjelasannya.

Diketahui, sejak tahun 1980-an mobl keluarga di Indonesia indentik dengan jenis kendaraan yang Multi Pupose Vehicle (MPV).

Mobil jenis ini telah menyumbangkan hampir 40 persen dari total penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air.

Adapun alasan utamanya yakni Mobil MPV dianggap mempunyai kapasitas besar sehingga banyak menjadi pilihan utama.

BACA JUGA: Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan Dulu Ciri-Ciri Mesin Mobil Masih Bagus atau Tidak, Ini Cirinya

Hal ini karena, mobil MPV mampu menampung hingga 7 penumpang. Masyarakat Indonesia sendiri dianggap sangat menyukai berpergian secara bersamaan baik dengan keluarga ataupun dengan sahabat terdekat.

Hal itulah yang menjadikan mobil MPV berkapasitas tujuh penumpang banyak peminatnya. Belum lagi pada bagian belakang mobil MPV yang masih mempunyai ruang sehingga bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang dalam jumlah banyak.

Namun, yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mobil keluarga bukan hanya itu saja, ya.

Terdapat juga beberapa faktor lainnya yang bisa Anda pertimbangkan, misalnya saja mengenai kenyamanan kabin, fitur, spesifikasi, desain, dan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Harus Membeli Mobil Honda, Salah Satunya Hemat Bahan Bakar!

Kini, tren mobil Sport Utility Vehicle (SUV) sedang naik daun dan juga menjadi mobil favorit keluarga di Indonesia.

Diketahui mobil jenis SUV ini kini mempunyai kabin yang luas dengan pilihan konfigurasi tujuh penumpang, sama dengan mobil MPV.

Banyak juga pabrik mobil yang memanfaatkan platform sama untuk digunakan pada dua jenis mobil ini yakni dengan membuat karakter keduanya menjadi serupa tapi tak sama.

Misalnya saja Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang terbaru memiliki bentuk sudah menyerupai mobil MPV, namun menawarkan ground clearance tinggi khas SUV.

BACA JUGA: Ketahui Sebelum Membeli! Ini 5 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Salah Satunya Lebih Irit Bahan Bakar

Selain itu, Mitsubishi juga menghadirkan Xpander Cross, yang basisnya MPV Xpander begitu juga dengan Honda BR-V dan Suzuki XL7, semuanya menawarkan nuansa berkendara SUV dengan kapasitas 7 penumpang layaknya mobil MPV.

Sebenarnya, baik SUV ataupun MPV dapat berperan sebagai mobil keluarga. Sebab, keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Adapun mobil MPV memiliki konfigurasi tujuh penumpang dan lebih nyaman untuk berkendara. Sedangkan SUV lebih siap untuk digunakan disegala medan.

BACA JUGA: Intip Keunggulan Daihatsu Sirion 2023, Mobil MPV dengan Bahan Bakar yang Irit

Demikian ulasan mengenai Lebih Baik pilih MPV atau SUV. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: