5 Tips Supaya Bensin Mobil Irit, Beneran Nggak Bakalan Nguras Dompet

5 Tips Supaya Bensin Mobil Irit, Beneran Nggak Bakalan Nguras Dompet

Tips Supaya Bensin Mobil Irit.--

RADAR TEGAL – Bagi Anda pengguna kendaraan roda empat pasti ingin mengetahui bagaimana tips supaya bensin mobil irit. Hal ini karena, konsumsi bensin mobil tentunya jauh lebih besar dari pada motor.

Kini sudah terdapat beberapa tips supaya bensin mobil irit. Jadi  Anda tidak perlu khawatir lagi dompet menjadi tipis karena harus membeli BBM.

Tips supaya bensin mobil irit

1. Jalankan Mobil dengan Kecepatan Konstan

Beberapa pengendara mungkin tidak menyadari bahwa melaju dengan kecepatan konstan (tetap) akan membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih hemat. Padahal, tips yang satu ini sangat mudah untuk Anda terapkan ketika saat berkendara di jalan tol, lho.

Jika mobil Anda dibekali dengan fitur cruise control, maka Anda dapat mengontrolnya supaya kecepatan mobil dapat konstan dan tidak berubah. Ada pun untuk mengaktifkannya, Anda perlu memacu  kendaraan hingga  kecepatan yang Anda inginkan.

BACA JUGA: Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Tak Mudah Rusak

Berikutnya, tekan tombol cruise  control yang terletak pada setir. Nantinya, mobil Anda akan dengan sendirinya mempertahankan kecepatan dan tetap stabil tanpa perlu Anda menginjak pedal gas atau rem.

2. Jangan Terlalu Dekat dengan Kendaraan di Depan dan Belakang

Tips supaya bensin mobil irit berikutnya yakni menjaga  jarak dengan mobil di depan atau  pun belakang. Cara ini tidak hanya dapat menghindari blind spot, namun juga  dapat membuat mobil Anda jadi lebih hemat BBM.

Hal ini karena, Anda akan melajukan mobil sesuai kebutuhan, tidak ada pengereman mendadak sebagainya.

3. Mengurangi Beban Kendaraan

Tahukah Anda bahwa beban yang dibawa ke dalam mobil ternyata sangat berperan besar terhadap hemat atau borosnya konsumsi bahan bakar. Umumnya, diketahui bahwa penambahan beban seberat 50 kg akan meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 2 persen.

BACA JUGA: Alarm Tiba-tiba Berbunyi Saat Posisi Mobil Terkunci, Terapkan 3 Mode Ini untuk Mengatasinya

Namun, konsumsi peningkatan konsumsi bahan bakar ini dapat lebih tinggi, apabila Anda lakukan di mobil dengan desain yang compact serta mempunyai kapasitas mesin yang lebih  kecil. Jadi, apabila Anda berpergian jarak pendek, maka usahakan membawa barang seminimal  mungkin kaena dapat membuat konsumsi bahan mobil jadi lebih irit.

4. Perhatikan Penggunaan Gigi

Tips berikutnya untuk menghemat bahan bakar mobil yakni dengan memperhatikan penggunaan gigi sesuai dengan medan dan kondisi jalan. Anda juga perlu menghindari gigi tinggi pada saat berkendara di lokasi yang mempunyai banyak tanjakan dan terjal.

Dengan mengatur persneling yang tepat juga penting untuk Anda lakukan ketika berada di tanjakan. Perhatikan juga posisi S atau L pada transmisi mobil matic dan persneling 1 atau 2 untuk mobil dengan transmisi manual, ya.

Kesalahan dalam memilih level gigi juga dapat membuat mobil Anda jadi boros bensin. Tidak hanya itu, kekeliruan penggunaan gigi juga dapat membahayakan diri dan berdampak pada performa mobil Anda.

BACA JUGA: Performa Mobil Mulai Turun? Tak Perlu ke Bengkel, Lakukan Tips Berikut Biar Mobil Strong Lagi

5. Perhatikan Penggunaan AC Pada Mobil

Tahukah Anda bahwa selain memperhatikan kecepatan dan ketepatan penggunaan gigi, penggunaan AC juga harus Anda perhatikan untuk dapat menghemat BBM, lho.

AC sendiri, sudah menjadi salah satu unsur penting dalam mobil. Apalagi jika cuaca sedang terik, sehingga AC harus menyala sepanjang jalan.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan AC tersebut juga dapat mengurangi pemakaian bahan bakar, lho. Nah, supaya mobil Anda lebih irit bahan bakar, maka Anda perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk menyalakan dan mematikan AC mobil, ya.

Demikian ulasan mengenai bagaimana tips supaya bensin mobil irit. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: