Kampung Keluarga Berencana Sudah Terbentuk di 88 Desa di Kabupaten Tegal, 199 Lagi Menyusul

Kampung Keluarga Berencana Sudah Terbentuk di 88 Desa di Kabupaten Tegal, 199 Lagi Menyusul

KOMITMEN - Penandatanganan komitmen bersama terkait Kampung Keluarga Berencana di Kabupaten Tegal berlangsung Senin 30 Oktober 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Menurut Joko, sebagai bentuk komitmen semua pelaku, maka dilakukan penandatangaan komitmen bersama yang dilakukan oleh perwakilan unsur OPD para pendamping program seperti PKH, dana desa dan percepatan penurunan stunting. 

"Harus ada komitmen," tandasnya. 

Dia menjelaskan, kampung berkualitas adalah perubahan dari kampung keluarga berencana. Kegiatan Kampung KB ini tidak hanya menangani keluarga berencana, tetapi skalanya juga diperluas.

Yakni untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"Program ini mulai dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2016. Dan mulai digaungkan sejak keluarnya Inpres Nomor 3 tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaran Keluarga Berkualitas," kata Joko menjelaskan.

Joko berharap kegiatan Kampung Keluarga Berencana ini dilaksanakan secara bersama-sama. Integrasi kegiatan di level desa serta konvergensi lintas sektor.

Sementara itu, launching yang dipimpin Khofifah dihadiri unsur OPD terkait, camat, kepala desa, ketua Pokja Kampung KB, koordinator pendamping desa dan Tenaga Ahli (TA) Stunting. (adv)

Sumber: