Mantap Jiwa! Pelajar SMAN 1 Salem Juara Duta Genre Kabupaten Brebes 2023

Mantap Jiwa! Pelajar SMAN 1 Salem Juara Duta Genre Kabupaten Brebes 2023

Kepala DP3AP2KB Brebes dan dewan juri kompak foto bersama usai pengumuman juara grand final duta genre 2023.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Catriona Abistha dan Selvia Hamidah meraih gelar atau juara ajang Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Brebes 2023. Siswa dan siswi SMAN 1 Salem tersebut, sukses mengalahkan pesaing lainnya dalam pemilihan Duta Genre yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Brebes.

Penjurian Duta Genre Kabupaten Brebes 2023 dilakukan pada malam grand final di Anggraeni Hotel Jatibarang, Jumat 27 Oktober 2023. Hasilnya  Catriona Abistha dan Selvia Hamidah dinobatkan sebagai Duta Genre Kabupaten Brebes 2023.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Brebes Akhmad Ma'mun mengungkapkan, selain menetapkan Juara 1 Duta Genre tingkat Kabupaten Brebes 2023, lima juara lainnya, juga diumumkan setelah bersaing ketat dalam grand final. 

Lima juara lainnya yakni, Juara 2; Jullio Ardhan Syahputra siswa SMAN 1 Bumiayu dan Mitauljanah siswi SMKN 1 Brebes. Juara 3; Akhmad Fauzan siswa SMK Izzul Islam Salem dan Harmadia Alzena Cleanta siswi SMAN 1 Bumiayu. Serta juara favorit; Najwa Lailatu Syifa siswi SMKN 1 Brebes.

BACA JUGA:Kereen! Forum Genre Jateng Juara 2 Adujaknas Genre 2023 BKKBN, Sekda: Mereka Mitra Kita

"Visi misi digelarnya Duta Genre, harapannya lebih memaksimalkan edukasi kepada generasi zilenial (gen-Z). Terutama, agar lebih memiliki rencana lebih tertata untuk masa depannya," ungkapnya kepada Radar Tegal usai pengumuman Juara Duta Genre Kabupaten Brebes 2023.

Maraknya kenakalan remaja, kekerasan terhadap anak hingga pernikahan dini, lanjut Ma'mun, menjadi contoh nyata permasalahan keluarga. Hal ini yang membuat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Pemerintah Kabupaten Brebes melalui DP3AP2KB menggelar pemilihan Duta Genre. 

Tujuannya, membentuk komunitas remaja dalam menggencarkan kampanye pentingnya menyusun masa depan. Termasuk, membentuk Keluarga Berencana dengan mengoptimalkan pengetahuan dari sisi kesehatan, sosial, agama dan psikologis.

"Jika remajanya sudah menjadi duta Genre, harapannya bisa membentuk sebuah keluarga dan tentunya remaja yang berkualitas. Menghindari seks bebas, kawin usia dini, NAPZA dan kenakalan remaja lainnya," jelasnya.

BACA JUGA:Tanam dan Edarkan Ganja, Oknum Guru Honorer di Brebes Terancam Dipenjara 20 Tahun

Sementara itu, Penjabat Bupati Brebes yang diwakili Asisten 1 Setda Khaerul Abidin menyampaikan, pihaknya berpesan kepada seluruh juara Duta Genre untuk aktif memberikan edukasi kepada teman sebayanya. 

Termasuk, menggencarkan kampanye di lingkungan atau kepada para orang tua agar kenakalan remaja dan kekerasan anak dapat dicegah dan dihentikan.

“Duta itu artinya menjadi wakil, sekaligus memberikan edukasi kepada teman-teman sendiri, adik, mungkin juga orang tua. Kalau misalnya di sekolah ada anak yang tiba-tiba murunga tau bolos, biasanya mereka punya masalah. Yang seperti itu harus didekati," terangnya.

Khaerul Abidin menambahkan, pihaknya juga meminta semua pihak khususnya para orang tua untuk terus mendampingi anak-anak. Yakni, memberikan pengertian bukan dengan kekerasan tapi justru pendekatan persuasif. 

Sumber: