Kereen! Forum Genre Jateng Juara 2 Adujaknas Genre 2023 BKKBN, Sekda: Mereka Mitra Kita

Kereen! Forum Genre Jateng Juara 2 Adujaknas Genre 2023 BKKBN, Sekda: Mereka Mitra Kita

Sekda Jateng dan perwakilan Forum Genre Jateng menunjukan piagam penghargaan juara 2 Adujaknas Genre 2023 BKKBN.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Forum Genre Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menunjukkan taringnya di ajang Adujaknas Genre 2023. Di ajang yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu, Forum Genre Jateng berhasil meraih juara 2.

Ajang Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Nasional Generasi Berencana (Adujaknas Genre) 2023 BKKBN digelar di Hotel MG Setos Semarang, Minggu, 29 Oktober 2023. Perhelatan yang berlangsung selama dua hari itu diikuti Forum Genre dari 34 provinsi di Indonesia. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno mengapresiasi keberadaan Forum Genre yang melibatkan Forum Anak, dan Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Sebab, forum ini dinilai mempunyai rencana sekaligus menjadi sarana menyambut Generasi Indonesia Emas 2045.

"Mereka (Forum Genre) menjadi mitra stakeholder kita, karena berbagai masalah remaja adalah tanggung jawab kita di pemerintahan. Maka, adik-adik ini menjadi stakeholder yang berkontribusi terhadap penyelesaian masalah stunting dan lainnya," kata Sumarno. 

BACA JUGA:Jeratan Pinjol Ilegal dan Rentenir Mengintai Masyarakat, Begini Respon Pemprov Jateng

Menurut dia, anggota Forum Genre ini dapat lebih mudah berkomunikasi dan menjaring pertemanan sesama anak muda. Sehingga sosialisasi dan edukasi yang disampaikan lebih mengena. Termasuk edukasi tidak melakukan bullying, mencegah stunting, dan risiko pernikahan usia dini. 

"Masalah bullying menjadi perhatian kita semua, sehingga adik-adik ini juga menjadi duta-duta antibullying yang ada di satuan pendidikan," katanya.

Sumarno menilai, berbagai kegiatan yang diselenggarakan Forum Genre sangat strategis untuk melatih para remaja berorganisasi, berkolaborasi, bekerja sama, berkomunikasi, dan kegiatan positif lainnya.  

Kompetisi Forum Genre Adujaknas 2023 

Sementara itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjelaskan, Adujaknas Genre 2023 merupakan ajang kompetisi berbagai kegiatan kreativitas dan inovasi Forum Genre seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Hadiri Diskusi Pemuda di Banjarnegara, Pj Gubernur Jateng: Pemuda Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Forum Genre mempunyai peran besar dalam membantu pemerintah menyelesaikan berbagai persoalan anak muda. Sebab, mereka dapat melakukan kampanye terhadap calon keluarga muda dengan cara dan bahasa anak muda. 

“Mereka promosi tidak melakukan seks bebas dan tidak ada narkotika. Mereka adalah remaja-remaja yang hebat, cerdas, ceria, dan mempunyai filosofi dalam hidupnya," beber Hasto.

Dalam ajang itu pemenang pertama kategori Forum Genre Terbaik diraih Forum Genre Sulawesi Selatan, pemenang kedua Forum Genre Jawa Tengah, dan pemenang ketiga Forum Genre Sulawesi Utara. 

Sumber: