Jangan Sampai keliru! Begini Cara Merawat Mobil Matic yang Kamu Punya

Jangan Sampai keliru! Begini Cara Merawat Mobil Matic yang Kamu Punya

Cara merawat mobil matic | Foto: Asuransi Central Asia--

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa meskipun mobil matic jarang  dipakai, tetap harus mendapatkan perawatan supaya tetap prima, lho. Berikut cara merawat mobil matic.

Apabila mobil matic Anda tidak dirawat dengan benar meskipun jarang dipakai, maka tetap saja mobil tersebut bisa rusak. Bahkan mobil yang jarang dipakai berpotensi lebih cepat rusak.

Namun sayangnya, banyak orang belum memahami potensi kerusakan yang mengintai dari mobil yang terlalu lama diam. Apabila Anda terus mendiamkan dalam waktu yang lama, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Melansir dari Carmudi.co.id, berikut penjelasannya.

BACA JUGA: 5 Daftar Mobil Keluarga Terbaik Harga di Bawah 200 Jutaan, Cocok Banget untuk Pergi Berlibur

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

1. Pastikan Mobil Anda Bersih

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni pastikan mobil dalam keadaan bersih sebelum didiamkan lama. Sebab, mobil yang kotor bisa menimbulkan banyak kerugian.

Contohnya saja bisa menjadi sarang virus dan bakteri lalu bisa menyebabkan karat apabila Anda diamkan dalam waktu lama. Kerugian lainnya yakni mobil bisa mengalami jamur di beberapa bagian seperti kaca, pelek, bodi, dan bagian interior.

Perlu Anda ingat juga bahwa membersihkan mobil bukan hanya bagian luarnya  saja. Ada baiknya, seluruh bagian mobil juga dibersihkan sebelum membiarkan mobil tersebut diparkir dalam waktu yang lama.

Pada bagian interior juga sangat rawan ditumbuhi kuman dan bakteri karena tertutup seluruhnya oleh kaca mobil.

BACA JUGA: Diperkenalkan di Kota Batam, Kenali Selengkapnya Kecanggihan Mobil Mitsubishi XForce

2. Periksa Bagian Mesin

Apabila Anda sudah mendiamkan mobil kurang lebih 2 bulan, maka, sangat disarankan untuk selalu memperhatikan bagian mesin selama waktu 2 bulan tersebut.

Adapun pemeriksaan dapat Anda lakukan dengan cara melihat kondisi oli, air radiator, membersihkan ruang mesin, dan melihat kondisi  aki.

Namun, untuk melihat kondisi aki, sebaiknya Anda gunakan alat pengukur aki seperti multitester.

Apabila keadaan aki basah, maka lakukan juga pengecekan terhadap kondisi air aki. Apabila air akiya berkurang, maka bisa Anda tambahkan air aki terlebih dahulu atau  bisa  dicas setelahnya.

BACA JUGA: 5 Tips Membeli Mobil Listrik, Apakah Harganya Masih Mahal di Pasaran Otomotif Indonesia?

3. Sering Panaskan Mobil

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil secara rutin merupakan hal yang paling dilupakan. Mobil yang terlalu lama diam jutru dapat berpotensi menjadi mogok.

Dengan Anda sering memanaskan mesin mobil merupakan cara terbaik dalam merawat mobil yang jarang dipakai. Idealnya memanaskan mobil yang jarang dipakai bisa Anda lakukan 2 hingga 3 kali seminggu.

Pada saat memanaskan mobil, usahakan juga sembari memainkan seluruh panel instrumen yang terdapat dalam kabin. Contohnya saja memainkan power window, lampu utama,  lampu sein, AC, klakson, radio, atau pun sekadar memaju-mundurkan kendaraan di garasi.

Anda juga bisa sambil menginjak gas beberapa kali supaya mesin tidak hanya bekerja dalam posisi idle saja. Namun ada baiknya, mobil Anda tetap digunakan meskipun dalam jarak yang dekat seperti memutari kompleks perumahan atau sekadar mengisi bahan bakar.

Hal tersebut bertujuan supaya alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

BACA JUGA: 5 Cara Merawat Mobil SUV supaya Tetap Awet dan Prima

4. Gunakan Ganjal Ban

Mobil yang lama diam diusahakan tidak menggunakan rem tangan agar tidak berkarat. Rem tangan jika didiamkan dalam waktu lama bisa berkarat dan menjadi lengket.

Usahakan juga parkir mobil di tempat yang datar dan gunakan ganjal pada roda depan atau belakang. Cara ini lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil yang didiamkan dalam waktu cukup lama.

Demikian ulasan mengenai cara merawat mobil matic. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: