5 Cara Merawat Mobil SUV supaya Tetap Awet dan Prima

5 Cara Merawat Mobil SUV supaya Tetap Awet dan Prima

Cara merawat mobil SUV | Foto: Tribunnews.com--

RADAR TEGAL – Seperti  yang Anda ketahui bahwa mobil SUV memiliki keunggulan tersendiri. Mulai dari bodi mobil yang cenderung lebih besar dan tinggi, hingga kegunaan dari SUV sendiri yang dirancang untuk segala jenis medan. Berikut tips merawat mobil SUV.

Tahukah Anda bahwa merawat mobil terutama mobil SUV memang gampang-gampang susah. Perawatan mobilnya pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit apabila terdapat beberapa kerusakan terutama pada bagian mesin.

Mobil SUV sendiri merupakan tipe mobil mewah yang sekarang banyak digandrungi  oleh masyarakat. Namun, apalah arti mobil mewah apabila Anda tidak bisa menjaganya dengan baik.

Mobil SUV juga tergolong mobil mahal untuk kelas high grade, terdapat juga harga yang lebih murah. Jadi, tergantung dari  daftar harga mobil SUV yang sering diupdate setiap tahunnya, ya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara merawat mobil SUV supaya tetap prima.

BACA JUGA: 5 Daftar Mobil SUV Terbaik, Solusi untuk Melakukan Perjalanan Jauh yang Menyenangkan

Cara Merawat Mobil SUV

1. Gunakan bahan bakar yang berkualitas

Tahukah Anda bahwa bahan bakar mobil SUV merupakan hal yang perlu Anda perhatikan, lho. Hal ini supaya mobil SUV tidak mempunyai tarikan yang berat.

Oleh karena itu, gunakanlah bahan bakar berkualitas. Anda juga perlu mengecek apa saja  bahan bakar yang dibutuhkan untuk kendaraan Anda.

Dengan bahan bakar yang bagus, maka akan membuat mesin SUV mempunyai performa yang baik. Sedangkan, bahan bakar yang kurang bagus akan merusak mesin mobil SUV.

BACA JUGA: Miliki Review Positif, Ternyata Ini Keunggulan dan Kekurangan Mobil SUV

2. Jangan gunakan SUV untuk jarak pendek

Sebelum berpergian, Anda sebaiknya memanaskan mobil terlebih dahlu selama 3 hingga 5 menit dan jarak pendek menggunakan SUV ternyata tidak dianjurkan, lho.

Hal ini karena, mesin pada mobil SUV membutuhkan waktu untuk panas. Apabila mesin baru panas, mobil sudah dimatikan, hal tersebut bisa menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros.

3. Lakukan tune up secara berkala

Seperti pada mobil-mobil lainnya, melakukan perawatan mesin secara rutin menjadi kunci utama dalam merawat mobil supaya mesin tetap bagus. Oleh karena itu, lakukanlah tune-up atau servis berkala secara teratur.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari mesin rusak. Karena dengan melakukan tune-up secara rutin maka akan membuat mobil Anda terawat dengan baik.

BACA JUGA: Apa Itu Mobil SUV? Ketahui Karakteristik dan Jenisnya

4. Gunakan oli yang sesuai

Selain berfungsi sebagai pelumas mesin, oli juga berfungsi sebagai pendingin komponen mesin. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan oli yang sesuai untuk mobil Anda dan perlu mengganti oli secara berkala supaya mesin tetap awet dan prima.

Perlu Anda ingat! Jangan sampai menggunakan oli abal-abal. Karena kemampuan oli dalam memperbaiki mesin sangat dipengaruhi.

Gunakanlah jenis oli khusus mobil SUV yang bagus. Jangan menggunakan oli yang tidak cocok dengan jenis mesin mobil SUV.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Mobil SUV Bekas di Bawah Rp100 Juta, Spek Tak Ketinggalan Zaman Cocok untuk Bepergian

5. Cuci mobil secara teratur

Apabila Anda sering berpergian menggunakan mobil SUV dan menyebabkan mobilnya kotor. Maka Anda perlu mencucinya.

Sebab, mobil yang kotor bisa mempengaruhi performa  pada mesin mobil  Anda. Karena debu-debu dan kotoran bisa masuk ke area mesin mobil dan secara  perlahan bisa merusak mobil Anda.

Oleh karena itu, untuk menghindari  hal tersebut, rutinlah mencuci mobil setiap habbis berpergian jauh.

Minimal harus dilap basah menggukan kanebo setelah mobil pulang dari perbergian.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Kelemahan Honda HR-V, Mobil SUV Keren Namun Perlu Pertimbangan

Demikian ulasan mengenai cara merawat mobil SUV. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: