AC Dinding Menyala Seharian Tapi Masih Panas? Bisa Jadi Freonnya Habis, Berikut Ciri-ciri dan Cara Gantinya

AC Dinding Menyala Seharian Tapi Masih Panas? Bisa Jadi Freonnya Habis, Berikut Ciri-ciri dan Cara Gantinya

AC Dinding Menyala Seharian Tapi Masih Panas? Bisa Jadi Freonnya Habis, Berikut Ciri-ciri dan Cara Gantinya--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Selain suhu ruangan yang dingin-dingin anda juga bisa mengetahui jikalau freon AC sudah dingin dengan hanya meraba pipa AC.

Jika pipa tidak dingin maka dapat diasumsikan freon sudah habis. Adapun jika anda menemukan gumpalan bunga es pada unit pipa instalasi AC bagian dalam maupun luar, itu juga bisa menjadi tanda bahwa freon AC sudah habis.

3. Indikator lampu yang berkedip

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan indikaror lampu AC yang umumnya dimilki oleh setiap AC indoor. Nah biasanya lampu indikator akan berkedip dan mengindikasikan bahwa terdapat masalah pada komponen dalam AC, contohnya seperti tekanan freon yang sudah habis.

BACA JUGA:Keunggulan dan Kelemahan AC Dinding yang Jarang Diketahui, Jangan Asal Beli Ges!

4. Air AC mengalami kebocoran

Kemudian ciri freon AC sudah habis berikutnya ialah adanya air yang bocor pada bagian evopator AC. Hal ini juga yang bisa menyebabkan kebocoran pada AC yang kemudian bisa mengakibatkan AC sedikit demi sedikit mengalami kerusakan.

5. AC mengeluarkan hawa panas

Kemudian cara terakhir untuk mengetahui bahwa freon AC telah habis ialah dengan AC yang mengeluarkan hawa panas.

Saat freon dalam AC habis, AC secara otomoatsi akan mengeluarkan udara yang terasa panas dan sumpek. Hal ini dapat terjadi kerana AC sudah tidak bisa menyerap udara panas yang diambil dan mengubahnya menjadi udara sejuk yang kemudian akan disirkulasikan ke seluruh ruangan.

Cara mengganti freon AC dinding

Untuk mengganti freon AC, lebih mudahnya ialah dengan memanggil jasa tukang AC atau jika anda memiliki pengalaman dan mempunyai segala peralatan yang diperlukan untuk mengganti freon AC, maka anda bisa mengikuti caranya dibawah ini:

BACA JUGA:AC Dinding yang Kotor Ternyata Bisa Menjadi Sarang Penyakit, Begini Cara Efektif Menghindarinya

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Sebelum memulai penggantian freon AC dinding, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Alat pengukur tekanan freon
  • Freon R-22 atau R-410A
  • Selang pengisian freon
  • Adapter selang pengisian freon
  • Kunci pas
  • Tang
  • Kain lap
  • Kacamata pengaman
  • Sarung tangan

Sumber: