AC Dinding yang Kotor Ternyata Bisa Menjadi Sarang Penyakit, Begini Cara Efektif Menghindarinya

AC Dinding yang Kotor Ternyata Bisa Menjadi Sarang Penyakit, Begini Cara Efektif Menghindarinya

Awas AC Kotor Bisa Jadi Sarang Penyakit, Begini Cara Membersihkan AC Dinding dengan Baik dan Benar--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Simak informasi seputar tahapan membersihkan AC dinding dengan baik dan benar agar tidak menjadi sarang penyakit, kuman, dan bakteri yang berbahaya.

Menanggapi cuaca di bulan Oktober ini pastinya membuat AC dinding kita selalu bekerja dengan keras kerana harus mendinginkan ruangan pada suhu yang panas.

Namun dengan AC dinding yang selalu menyala, pastikan untuk jangan lupa membersihkan dan merawatnya agar kinerja AC tidak terganggu.

Umumnya, saat melakukan perawatan atau pembersihan AC dinding kita akan memanggil tukang atau spesialis AC yang biasa melakukan perawatan terhadap AC.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewatkan, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat AC Rumah Cepat Rusak

Nah alih-alih harus mengeluarkan biaya memanggil tukang AC, lebih baik kita membersihkannya secara mandiri. Lalu bagaimana cara membersihkan AC secara mandiri? 

Tahapan cara membersihkan AC dinding dengan mandiri

Nah teruntuk kamu yang ingin membersihkan AC sendiri tanpa harus panggil jasa tukang AC, maka ada beberapa alat yang mesti dipersiapkan anatara lain:

  • Sikat gigi (bisa yang bekas)
  • Kemoceng
  • Obeng
  • Cairan pembersih AC
  • Penyedot debu
  • Air di wadah secukupnya
  • Kain lap

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan dan kehigienisan diri alangkah lebih baiknya menggunakan masker dan sarung tangan (bisa yang karet atau kain).

BACA JUGA:Gak Perlu AC Dinding Maupun Portabel Lagi! Cukup Terapkan 7 Cara Ini Ruanganmu Langsung Sejuk

Jika semuanta sudah siap, mari kita mulai membersihkan AC!

1. Buka casing atau penutup AC

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka penutup AC dengan menggunakan obeng. Untuk membukanya cobalah cari sekrup yang menahan penutup AC dengan body AC, biasanya tersemat di sela-sela kecil bagian pojokan.

Pastikan bahwa dalaman AC tidak mengalami kerusakan atau pada bagian filter AC tidak ada yang robek, jika ada yang robek ganti filter dengan yang baru.

Sumber: