Pengurus PWI Kabupaten Tegal Dilantik, Bupati Ingatkan Wartawan Tak Boleh Bohong

Pengurus PWI Kabupaten Tegal Dilantik, Bupati Ingatkan Wartawan Tak Boleh Bohong

PELANTIKAN - Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana melantik pengurus PWI Kabupaten Tegal, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Rabu 25 Oktober 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Namun, jika upayanya untuk meraih capaian tersebut dilakukan dengan cara-cara yang tidak baik, tidak etis, termasuk memproduksi konten clickbait dan menutupi kebenaran dengan tidak mengedepankan cover both side, maka kiranya ini tidak sejalan dengan hakekat peran pers itu sendiri sebagai pilar kekuatan bangsa. 

BACA JUGA:Konferensi PWI Kota Tegal Pilih Ketua Baru Periode 2023-2026

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tegal Fatkhurrohman, dalam sambutannya menyoroti adanya fenomena orang yang tidak mencerminkan diri sebagai wartawan tapi mengaku sebagai wartawan. 

Sehingga hal itu menimbulkan keprihatinan tersendiri baik secara pribadi maupun organisasi PWI Kabupaten Tegal. 

Padahal menurut Fathur, peran wartawan yang sebenarnya yaitu mencari informasi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. 

"Saya contohkan ada kasus yang belum lama terjadi dan menjadi viral yakni oknum yang mengaku wartawan tapi melakukan pemerasan. Alhamdulillah dalam kasus ini, petani atau yang menjadi korban berani melaporkan ke pihak berwajib. Sehingga saya sampaikan, jika ditemui ada orang yang mengaku wartawan kemudian melakukan intimidasi atau pemerasan, laporkan saja ke polisi atau pihak terkait," ungkap Fathur. 

BACA JUGA:Terpilih Secara Aklamasi, Fatkhurrohman Jadi Ketua PWI Kabupaten Tegal 2023-2026 Gantikan Dwi Ariadi

Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana, mengapresiasi acara pelantikan pengurus PWI Kabupaten Tegal masa bakti 2023-2026 yang dikemas meriah karena ada pameran foto, bazar UMKM, pertunjukan seni, dan lainnya.

Bahkan Iwan, sapaan akrabnya, mengaku takjub karena tidak semua kabupaten/kota bisa mengemas acara sedemikian rupa pada pelantikan PWI. 

Sehingga pada kesempatan itu, Iwan mengucapkan terima kasih kepada ketua PWI Kabupaten Tegal beserta pengurus lainnya karena membuat acara pelantikan tidak hanya sekedar itu tetapi bisa lebih meriah. 

"Kami juga menitip pesan kepada Ibu Bupati agar wartawan sesekali diajak berdiskusi sebagai wujud kepedulian terhadap pembangunan di Kabupaten Tegal menjadi semakin baik," imbuhnya. 

Selain dihadiri Bupati Tegal Umi Azizah, pelantikan pengurus PWI juga dihadiri Kapolres Tegal, Komandan Kodim 0712 Tegal dan unsur Forkopimda lainnya. (*)

Sumber: