Bagaimana Cara Mengatasi Kondensor AC yang Rusak? Begini Deteksi Dini Penyebabnya

Bagaimana Cara Mengatasi Kondensor AC yang Rusak? Begini Deteksi Dini Penyebabnya

cara mengatasi kondensor AC rusak-desain by writer-freepik.com

Dalam pengoperasian AC, tentu debu dan kotoran yang menumpuk sudah menjadi hal yang umum. Hal tersebut terjadi pada kondensor sehingga membatasi kemampuan dalam mengeluarkan udara panas yang membuat AC bekerja lebih keras.

BACA JUGA:Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Periksa Komponen Sebelum Berkendara Supaya Tak Kepanasan

Jika dibiarkan maka masalah ini dapat menyebabkan kondensor menjadi terlalu panas. Tidak hanya itu, juga dapat merusak beberapa komponen yang awalnya baik-baik saja.

  • Adanya kontaminasi

AC juga bisa terkontaminasi jamur, serangga, bakteri dan sampah organic seperti daun, kotoran burung dan lainnya yang masuk ke dalam kondensor. Hal tersebut menyebabkan kegagalan komponen dalam kinerjanya.

Masalah ini diperburuk oleh panas dalam kondensor yang mendorong terjadinya kontaminasi. Untuk mencegah permasalah ini maka servis dan bersihkan AC secara rutin.

Cara mengatasi kondensor AC rusak

Ketika kondensor AC rusak total maka perbaikan sudah tidak mungkin dilakukan atau terlalu mahal. Maka solusinya Anda bisa mengganti bagian luar dan dalam dari sistem AC dengan komponen serupa.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Kerusakan Freon yang Sebabkan AC Gak Dingin Lagi, Begini Cara Mengatasinya

Jika AC Anda masih dalam masa garansi maka pabrikan atau produsen mungkin akan memberikan Anda kondensor yang benar dan baru. Bahkan mungkin Anda bisa mendapatkan biaya minimal atau tanpa biaya sama sekali.

Anda mungkin akan mendapatkan kondensor baru dengan merek dan model yang sama persis dengan yang lama. Dengan demikian, kondensor baru ini dapat berfungsi secara sempurna dengan AC yang Anda miliki.

Namun, jika Anda memiliki sistem pendingin udara yang sudah tua atau tidak lagi bergaransi. Maka Anda harus mengganti seluruh sistem dengan yang lebih baik lagi. 

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kondensor AC rusak, Anda bisa mendeteksinya sedini mungkin. Dengan deteksi dini tentu akan meminimalkan kerusakan yang terjadi pada komponen lain. (*)

Sumber: