Bagaimana Cara Mengatasi Kondensor AC yang Rusak? Begini Deteksi Dini Penyebabnya

Bagaimana Cara Mengatasi Kondensor AC yang Rusak? Begini Deteksi Dini Penyebabnya

cara mengatasi kondensor AC rusak-desain by writer-freepik.com

RADAR TEGAL - Bagi Anda yang memiliki AC tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen bernama kondensor. Kira-kira bagaimana cara mengatasi kondensor AC rusak? Simak selengkapnya disini!

Bagian luar ruangan dari AC system split atau pompa panas dinamakan kondensor. Kondensor juga bisa mengalami kerusakan, maka penting untuk memahami cara mengatasi kondensor AC rusak.

Sesuai dengan namanya, komponen ini bertanggung jawab untuk mendinginkan atau mengembunkan uap menjadi cairan. Dalam proses ini juga bisa terjadi masalah, cara mengatasi kondensor AC rusak dapat dengan mudah dipahami untuk mencegah secara dini kerusakan yang terjadi.

Meski kondensor AC modern dapat bertahan lebih dari 10 tahun tetapi keausan juga sering terjadi yang menyebabkan kegagalan fungsi. Mendeteksi masalah dan mengetahui cara mengatasi kondensor AC rusak perlu diketahui agar dampak yang terjadi dapat diminimalisir.

BACA JUGA:Lakukan 2 Cara Ini Supaya AC Portable Tetap Awet dan Dingin, Sangat Mudah dan Nggak Ribet!

Penyebab kondensor AC berhenti bekerja

Pada semua jenis sistem pendingin udara yang beredar di pasaran memiliki kesamaan tertentu yang mempermudah pemecahan masalah. Namun, ada tanda-tanda jelas bahwa kondensor rusak seperti mengeluarkan suara-suara aneh atau kipas tidak berputar.

Maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu:

  • Memeriksa apakah sekring pemutus luar ruangan sudah ditempatkan di tempat yang benar
  • Memastikan tidak ada pemutus yang tersandung pada panel listrik
  • Memeriksa apakah thermostat telah dihidupkan
  • Memeriksa filter udara dan pastikan bahwa tidak tersumbat
  • Memastikan pompa kondensor berfungsi dengan baik

Jika semua hal tersebut di atas tidak ada masalah, maka mungkin Anda menghadapi beberapa masalah kondensor AC diantaranya:

  • Kerusakan kabel

Masalah kelistrikan dapat menyebabkan penumpukan asam dan mampu merusak kabel. Hal ini dapat mengakibatkan system terbakar yang akan merusak kompresor dan komponen lainnya. 

BACA JUGA:Hindari 4 Kebiasaan yang Bisa Membuat AC Cepat Rusak, Salah Satunya Menutupi Semua Ventilasi

  • Saluran tersumbat atau rusak

Penggunaan secara rutin akan menyebabkan saluran pendingin AC retak dan berlubang. Hal tersebut akan membatasi aliran zat pendingin dan memaksa system bekerja lebih keras tetapi hasil lebih sedikit.

Jika tidak segera diatasi, masalah ini akan menyebabkan peningkatan suhu dan tekanan. Kemudian dari situ akan menyebabkan panas berlebih dan kegagalan kompresor.

  • Zat freon yang rendah

Kegagalan dalam mengatasi kebocoran freon atau mengisi ulang freon sesuai dengan kebutuhan pasti akan menyebabkan panas berlebih. Hal ini akan berdampak negatif pada kondensor yang Anda miliki, tetapi komponen lain AC dan bahkan mungkin berbahaya.

  • Kumparan kondensor AC yang tersumbat

Sumber: