Bikin Merinding! Ketahui 5 Misteri Gunung Slamet, Ada Apa dengan Pos Samarantau?

Bikin Merinding! Ketahui 5 Misteri Gunung Slamet, Ada Apa dengan Pos Samarantau?

Misteri Gunung Slamet | Foto: Ig_inantogaga Ig_ pendaki_24jam--

RADAR TEGAL – Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian capai 3.428 mdpl. Berikut kisah misteri Gunung Slamet yang perlu Anda ketahui.

Gunung Slamet ini dijuluki sebagai gunung paling angker se-Jawa tengah yang meliputi wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pamalang, Tegal, dan Brebes.

Berbagai mitos ataupun kisah mistis pun telah menyelimuti gunung tersebut. Bahkan, gunung ini pun diketahui mempunyai sebuah gerbang gaib menuju ke kerajaan gaib.

Yang mana, setiap orang yang ‘apes’ akan tersesat pada dimensi lainnya dan tidak akan pernah bisa kembali.

Melansir dari pemalang.inews.id, berikut beberapa misteri Gunung Slamet.

BACA JUGA: Mitos Gunung Slamet yang Bikin Bulu Kuduk Merinding, Mulai dari Tempat Para Dewa hingga Ramalan Jayabaya

Misteri Gunung Slamet

1. Misteri Pos Samarantau

Tahukah Anda bahwa Pos Samarantau merupakan salah satu tempat peristirahatan jalur pendakian Gunung Slamet yang memiliki urutan keempat.

Namun, para pendaki dihimbau untuk tidak mendirikan tenpa ataupun beristirahat sejenak di pos ini.

Diketahui juga bahwa pos ini merupakan salah satu pos terangker yang berisi penunggu dari kelangan jin yang jahil.

Nah, nama ‘Samarantau’ sendiri ternyata diambil dari bahasa Jawa yang berarti  ‘Awas Ada Hantu’ sehingga sangat mendeskripsikan nuansa merinding yang disuguhkan.

BACA JUGA: 2 Misteri Gunung Slamet yang Terkenal, Mitos Gaib Bikin Pendaki Tersesat Hingga Tidak Bisa Pulang

2. Terdapat Kerajaan Gaib

Tidak jauh dari pos Samarantau, jalur pendakian yang diberi nama Brambangan juga mneyimpan salah satu kisah misteri di dalamnya yakni mengenai ditunjukkannya penampakan dua pohon esar yang menyerupai sebuah pintu gerbang.

Konon katanya, kedua pohon tersebut diyakini sebagai pintu gerbang menuju  kerajaan gaib. Bagi para pendaki yang kurang beruntung, biasanya akan disasarkan ke  dalam dimensi lain dan tidak akan perah bisa kembali.

Meskipun begitu, jalur yang satu ini merupakan rute terdekat menuju puncak Gunung Slamet. Sehingga jalur tersebut tetap digunakan sebagai jalur utama pendakian.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, para  pendaki dihimbau untuk berhati-hati pada saat melewati jalur tersebut.

BACA JUGA: Ketahui 4 Mitos Gunung Slamet Via Guci Bikin Bulu Kuduk Merinding, Benarkan Terdapat Sarang Siluman?

3. Kisah Misteri Jalur Pendakian Air Terjun Guci

Tahukah Anda bahwa Wisata Air Panas Guci yang berada di Kabupaten tegal juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Slamet yang melalui bukit bernama Permadi.

Melalui jalur ini, para pendaki akan disuguhkan dengan wisata air panas yang kerap dipercaya sebagai tempat untuk memperoleh ilmu supranatural.

Selain itu, terdapat juga air terjun pancuran 13 yang juga dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit ataupun sebagai ritual awet muda.

4. Ada Sosok Manusia Kerdil

Kisah ini diketahui berawal dari para pendaki Gunung Slamet. Namun, para pendaki tersebut tidak dapat kembali hingga akhirnya menjadi penunggu Gunung Slamet.

Karena terlalu lama di atas Gunug, manusuia kerdil tersebut pun kehilangan naluri kemanusiaannya sehingga Ia bertingkah layaknya seekor binatang.

Meskipun begitu, manusia kerdiil ini justru sangat takut terhadap mausia. Ia hanya sering mengambil makanan di tenda para pendaki yang sedang berkemah dan beristirahat.

BACA JUGA: Mitos Gunung Slamet Meletus Pulau Jawa Akan Terbelah, Benarkah Ramalan Jayabaya Tersebut? Begini Penjelasannya

5. Pasar Setan

Misteri pasar setan tidak hanya terdapat di Gunung Merapi saja, konon katanya Gunung Slamet juga memiliki kawasan jual beli para makhluk halus.

Diketahui bahwa letak pasar tersebut berada di punggung Gunung Slamet.

Adapun peristiwa mistis tersebut bisa Anda tandai dengan suara angin kencang yang terdengar jelas di telinga. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, suara tersebut merupakan suara dari kalangan jin yang sedang melakukan transaksi di pasar setan.

BACA JUGA: Pernah Diramal Jayabaya, Bagaimana Mitos Gunung Slamet Di Masa Depan? Konon Jadi Pasak Jawa

Demikian ulasan mengenai misteri Gunung Slamet. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: