Warga Pertanyakan Perbaikan Jalan Kertayasa Tegal saat Bupati Tilik Desa, Begini Jawaban DPUPR

Warga Pertanyakan Perbaikan Jalan Kertayasa Tegal saat Bupati Tilik Desa, Begini Jawaban DPUPR

Ketua RW 03 Desa Kertayasa, Sudaryo saat mempertanyakan soal perbaikan jalan di desanya kepada Bupati Tegal, saat acara Tilik Desa.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Sejumlah warga pertanyakan perbaikan jalan di Desa Kertayasa Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Mereka mempertayakan itu saat acara Bupati Tilik Desa Kertayasa, Kamis 19 Oktober 2023.

Dihadapan Bupati Tegal Umi Azizah saat Tilik Desa, Ketua RW 03 Desa Kertayasa, Sudaryo mengaku mendapat kabar jika jalan di desanya akan diperbaiki menggunakan APBD Tahun 2023. Namun, hingga Oktober tahun ini, perbaikan belum dilaksanakan. 

"Kami ingin menanyakan kenapa jalan di desa kami belum diperbaiki. Padahal sudah ada anggarannya," kata Sudaryo, dihadapan Bupati Tegal, Plt Kepala DPUPR dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Tegal, saat acara Tilik Desa Kertayasa.

Menurut Sudaryo, kondisi jalan di desa tersebut sudah sangat memprihatinkan. Selain aspalnya sudah mengelupas, jalan juga sudah berlubang dengan diameter yang cukup lebar.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan di Kabupaten Tegal Diperkirakan Selesai Akhir Oktober, 82 Persen Sudah Mantap

Dikhawatirkan, saat turun hujan, lubang jalan akan digenangi air yang mengakibatkan pengendara roda dua tergelincir. Terlebih jika pengendara tidak hati-hati.

"Kondisi ini sangat membahayakan. Jangan sampai menimbulkan korban jiwa," tegasnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Raharjdo membenarkan jika perbaikan jalan di Desa Kertayasa sudah dianggarkan dalam APBD 2023. 

Hanya saja, anggaran dialihkan untuk perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Warureja. Ruas jalan di wilayah tersebut menggunakan rigit beton, sehingga membutuhkan anggaran lebih besar.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Senggang-Sumbaga Kabupaten Tegal Disambut Antusias: Dulu Rusak Parah

"Untuk perbaikan jalan di Desa Kertayasa akan dianggarkan kembali di APBD 2024. Nilainya sebesar Rp300 juta," ujarnya.

Karena itulah, Teguh meminta kepada masyarakat untuk bersabar. Perbaikan akan dimaksimalkan pada 2024 dengan anggaran yang melebihi dari anggaran sebelumnya.

"Saya minta masyarakat untuk bersabar dulu," ucapnya. (*)

Sumber: