Peringati Hari CTPS 2023, Ribuan Murid SD di Brebes Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama

Peringati Hari CTPS 2023, Ribuan Murid SD di Brebes Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama

Ribuan siswa SD di Brebes cuci tangan pakai sabun bersama peringati Hari CTPS 2023.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Peringati Hari CTPS 2023, ribuan murid SD di 17 kecamatan Kabupaten Brebes, cuci tangan pakai sabun bersama, Selasa 17 Oktober 2023. Aksi tersebut untuk kampanyekan budaya cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Selain itu, untuk menanamkan sekaligus menumbuhkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan. 

Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kabupaten Brebes Dhian Irawati Sutrisno menjelaskan, kampanye dan peringatan Hari CTPS 2023 serentak digelar pada semua SD Negeri di 17 kecamatan. Khusus di Kecamatan Brebes, berlangsung di SDN 1 Pasarbatang. 

Menurutnya, program edukasi dan sosialisasi CTPS menjadi wujud kolaborasi lintas sektoral. Sebab, melibatkan BLUD Puskesmas, sekolah, Tim Penggerak PKK dan HAKLI sebagai kampanye membudayakan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun.

BACA JUGA:Studi Tiru, RSUD Kajen Belajar Pelayanan ICU di Brebes : Semoga Bisa Implementasikan Ilmu Baru

"Enam langkah cuci tangan pakai sabun, senam CTPS, penyuluhan kesehatan, makan buah bersama dan ditutup dengan pembagian doorprize menjadi rangkaian kegiatan," terangnya kepada Radar Tegal.

Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun, lanjut Dhian, terbukti efektif mencegah penyebaran kuman dan penyakit. Sebab, banyak potensi penyakit lingkungan bisa diantisipasi dengan rutin mencuci tangan pakai sabun. 

Terlebih, sasarannya murid SD kategorinya anak-anak sehingga harapannya lebih mudah diedukasi. Fokusnya, menumbuhkan kebiasaan dan budaya pola hidup bersih sehat dengan CTPS.

Sementara itu, Kepala BLUD Puskesmas Brebes dr Heru Padmonobo didampingi Kepala SDN 1 Pasarbatang Tri Makno Hartanto menambahkan, kolaborasi dan sinergitas menjadi kunci utama mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat. 

BACA JUGA:Polisi Selidiki Peyebab Kebakaran Gudang Kayu di Paguyangan Brebes

Termasuk, menggandeng semua stakeholder terkait dalam membudayakan Cuci Tangan Pakai Sabun. Sebab, peringatan Hari CTPS sedunia yang sedianya berlangsung setiap 15 Oktober mempunyai peran penting.

"Intinya, CTPS tidak hanya sebelum makan, tapi juga setelah BAB dan BAK, setelah bermain, hingga beraktifitas dari luar ruangan. Tujuannya, menjaga kebersihan tangan dari kuman dan bakteri," tandasnya. (*)

Sumber: