Tekan Risiko, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Kabupaten Tegal Dapat Layanan Medis Gratis

Tekan Risiko, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Kabupaten Tegal Dapat Layanan Medis Gratis

LAYANAN MEDIS- Kegiatan pelayanan medis masyarakat seperti di pondok pesantren ini diselenggarakan Djarum Foundation melalui program Djarum Sumbangsih Sosial. -Humas Pemkab Tegal-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Demi menekan risiko kesehatan, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal mendapat layanan medis gratis. Sebanyak 681 orang yang tinggal di dalam dan di luar lingkungan menerima layanan tersebut.

Pelayanan di pondok pesantren itu berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis, Sabtu 23 September 2023. 

Bupati Tegal Umi Azizah yang juga pengasuh Ponpes Nurul Hikmah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada penyedia layanan, Djarum Foundation yang telah memperhatikan aspek kesehatan di lingkungan pendidikan pesantren.

“Terima kasih atas perhatian yang diberikan. Mari, kita manfaatkan layanan ini untuk memeriksakan kesehatan warga, kiai, ustadz, ustadzah, pengurus pondok, dan para santri,” tutur Umi.

BACA JUGA:Bantu Area Pondok Pesantren Lebih Hijau, Polres Tegal Sumbang Ratusan Bibit Pohon

Menurutnya, santri pondok pesantren merupakan sumber daya manusia Indonesia yang akan mengisi dan menggerakkan roda pembangunan. Selain disiapkan sebagai agen pendidikan keagamaan di masyarakat, mereka juga dilatih pemberdayaan ekonomi umat melalui program santripreneurship.

Namun, pola kehidupan sederhana santri di lingkungan pondok pesantren dan kebiasaan menggunakan sarana bersama seperti sanitasi dan makanan berpotensi pada risiko kesehatan.

Sehingga dari hasil pemeriksaan kesehatan ini akan menjadi evaluasi pengasuh dalam membangun budaya sehat di lingkungan pondok pesantren.

“Layanan Djarum Foundation ini merupakan bagian dari upaya pemerataan layanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup, mendukung program Indonesia Sehat. Sehingga kolaborasi peran dari sektor swasta sangat diperlukan untuk membangun Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

BACA JUGA: Dana BLT DBHCT Cair ke 2.450 Penerima, Dinsos Kabupaten Tegal Buka 12 Titik Layanan

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hikmah KH Muhammad Ircham menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih karena institusi pendidikan yang dipimpinnya ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan layanan kesehatan gratis yang juga menyasar warga di sekitar pondok pesantren.

Di tempat yang sama, founder YBSI Hisnindarsyah mengatakan jika program Djarum Sumbangsih Sosial ini merupakan upaya sinergis pihaknya dan Djarum Foundation untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Pelayanan medis ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di sekitar pondok pesantren, termasuk para santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren,” ujar Hisnindarsyah.

Dia pun mengapresiasi adanya dukungan dari Pemkab Tegal, Djarum Foundation dan pengasuh Ponpes Nurul Hikmah. Selain itu, kolaborasi dokter umum yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Umum Nahdlatul Ulama (PDNU) turut membantu kelancaran pemeriksanaan kesehatan ratusan warga dan santri ini.

Sumber: