Sebelum Pinjam Ketahui Dulu Cara Menghitung Bunga Pinjol, Pertimbangkan Lagi daripada Terjebak Galbay

Sebelum Pinjam Ketahui Dulu Cara Menghitung Bunga Pinjol, Pertimbangkan Lagi daripada Terjebak Galbay

Cara Menghitung Bunga Pinjol-freepik | macrovector-

Total Bunga = Bunga Harian x Tenor = Rp80.000 x 30 = Rp2.400.000

Tips menghitung bunga pinjaman online

Berikut adalah beberapa tips yang perlu anda pertimbangkan saat menghitung bunga pinjaman online:

BACA JUGA:Selain diatangkan DC Lapangan, Shopee Juga Memberikan 5 Konsekuensi ini Khusus Untuk Nasabah yang Nekat Galbay

1. Pahami jenis bunga

Pastikan anda memahami jenis bunga yang dikenakan oleh pinjol yang anda ajukan. Apakah itu bunga harian atau bunga flat? Mengetahui perbedaan antara keduanya akan membantu anda menghitung biaya pinjaman dengan lebih akurat.

2. Perhitungan yang cermat

Hitung bunga pinjaman dengan cermat. Gunakan rumus yang tepat sesuai dengan jenis bunga yang berlaku. Ini akan membantu anda memperkirakan dengan lebih baik berapa besar jumlah bunga yang harus anda bayarkan.

3. Bandingkan penawaran

Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, selalu bandingkan bunga pinjaman dari berbagai pinjol. Dengan perbandingan ini, anda dapat memilih penawaran yang paling menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan anda.

BACA JUGA:Resah Menunggu Lama? Ini 5 Pinjol Langsung Cair Legal OJK 2023 yang Bisa Menjadi Solusi Kebutuhan Finansialmu

Perbedaan bunga pinjol legal dan ilegal

Penting untuk memahami perbedaan antara pinjol legal dan ilegal. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan batas maksimal bunga pinjaman online legal sebesar 0,4% per hari.

Di sisi lain, bunga pinjaman online ilegal seringkali jauh lebih tinggi, bahkan mencapai 2% per hari atau lebih. Oleh karena itu, pastikan pinjol yang anda ajukan telah terdaftar secara resmi di OJK. Anda dapat memeriksa daftar pinjol legal di website resmi OJK.

Kesimpulan

Sumber: