Penting! PMI Minta Paguyuban Donor Darah Sukarela Didirikan di 27 Kelurahan di Kota Tegal

Penting! PMI Minta Paguyuban Donor Darah Sukarela Didirikan di 27 Kelurahan di Kota Tegal

BERSAMA-Ketua PMI Kota Tegal yang juga Sekda Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono, Kepala Markas PMI Kota Tegal Djoko Trihadmodjo dan Lurah se Kota Tegal usai Orientasi Kepalang Merahan dan Pembentukan Paguyuban Donor Darah Sukarela di Markas PMI Kota Te-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal meminta paguyuban donor darah sukarela didirikan di 27 kelurahan di Kota Tegal. Dengan begitu, semua bisa memahami tentang kepalang merahan. 

Pernyataan tersebut disampaikan drg Agus Dwi Sulistyantono dalam Orientasi Kepalang Merahan dan Pembentukan Paguyuban Donor Darah Sukarela di Markas PMI Kota Tegal, Sabtu 30 September 2023.

"Lurah nanti bisa menjadi pelindung saat paguyuban donor darah berdiri dan menjadi penyemangat," kata drg Agus yang juga sekda Kota Tegal.

Menurutnya, lurah se Kota Tegal harus mengetahui tentang kepalangmerahan, sebab Palang Merah merupakan lembaga yang diakui dunia. Selain PMI, ada juga bulan sabit merah yang ada di Timur Tengah. 

BACA JUGA:Peserta Donor Darah Membludak, 488 Bag Berhasil Dikumpulkan PMI Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Gandeng Rumkit DKT, Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah Diikuti Ratusan Prajurit Kodim Tegal

PMI lahir 17 September 1945 dan menjadi syarat negara yang berdaulat. Lurah nanti bisa menjadi pelindung saat paguyuban donor darah sukarela berdiri di tingkat kelurahan.

Selain itu, PMI Kota Tegal juga memiliki banyak program, salah satunya bulan dana PMI. Karenanya, kelurahan di Kota Tegal diharapkan memiliki paguyuban donor darah sukarela.

"Adanya orientasi dan pembentukan paguyuban ini bisa menjadi kontribusi untuk kemanusiaan," pungkasnya.

Setelah Orientasi Kepalang Merahan dan Pembentukan Paguyuban Donor Darah Sukarela, dilanjutkan materi penyampaian tentang donor darah oleh Kepala UDD Kota Tegal dr Prima Astiawanti. 

BACA JUGA:Walikota Tegal Serahkan Penghargaan Kepada Donor Darah Sukarela

BACA JUGA:Kelurahan Siaga Pesurungan Kidul Kota Tegal Gelar Donor Darah dan Bagi Uang Saku untuk Warga Sakit

Kepala Markas PMI Kota Tegal Djoko Trihadmodjo mengatakan Orientasi Kepalang Merahan dan Pembentukan Paguyuban Donor Darah Sukarela tersebut merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-78. 

Hal itu untuk meneguhkan mandat UU No 1 tahun 2018 tentang PMI. Selain itu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar mau menjadi pendonor darah.

Sumber: radartegal.disway.id