3.678 Santri dari 44 Madrasah Diniyah Takmiliyah Berkompetisi di Pekan Madaris ke-23 di Tuwel

3.678 Santri dari 44 Madrasah Diniyah Takmiliyah Berkompetisi di Pekan Madaris ke-23 di Tuwel

PEKAN MADARIS - Bupati Tegal Umi Azizah membuka acara Pekan Madaris di Lapangan Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, Jumat 29 September 2023 sore. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, madrasah diniyah merupakan salah satu garda dari sistem pendidikan karakter melalui pengajaran agama Islam untuk membentuk mental pribadi anak yang ber-akhlakul karimah.

"Ini merupakan bagian dari ikhtiar kebangsaan dalam mencetak generasi sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas," kata Bupati Umi saat membuka acara Pekan Madaris tersebut.

Menurut Umi, kegiatan ini juga sebagai wahana untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah karena menjadi ajang silaturrahmi antarmadrasah dan antar guru. Sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:Implementasikan Materi Kuliah, 12 Mahasiswa IBN Tegal Diterjunkan ke Madrasah dan Ponpes

BACA JUGA:1.500 Guru TPQ dan Madrasah di Kabupaten Tegal Belum Tercover Bansos

Diharapkan para santri bisa mengembangkan keilmuannya, mengasah kemampuan, membentuk keimanan dan ketakwaan sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam kegiatan Pekan Madaris itu, para santri dipacu untuk mengenali dan memahami kemampuan akademis, kemampuan seni dan praktik keagamaan lainnya.

"Melalui ajang ini, aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak santri akan bekerja secara seimbang. Jika pola semacam ini dijalankan secara terus menerus akan membentuk kepribadian santri yang cerdas secara intelektual, matang secara emosional dan memiliki kedalaman spiritual yang baik," kata Umi Azizah. ***

Sumber: radartegal.disway.id