3.678 Santri dari 44 Madrasah Diniyah Takmiliyah Berkompetisi di Pekan Madaris ke-23 di Tuwel

3.678 Santri dari 44 Madrasah Diniyah Takmiliyah Berkompetisi di Pekan Madaris ke-23 di Tuwel

PEKAN MADARIS - Bupati Tegal Umi Azizah membuka acara Pekan Madaris di Lapangan Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, Jumat 29 September 2023 sore. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Sebanyak 3.678 santri dari 44 Madrasah Diniyah Takmiliyah berkompetisi di Pekan Madaris ke-23 di lapangan Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, Jumat 29 September 2023 sore. 

Ketua Panitia Kegiatan Agus Ma'ruf menyampaikan bahwa Pekan Madaris adalah event yang sangat dinantikan oleh masyarakat Kecamatan Bojong.

"Desa Tuwel sebagai tuan rumah menantikan kegiatan ini selama sekitar 20 tahun," imbuhnya. 

Ketua FKDT Kecamatan Bojong Shobirin mengatakan, Pekan Madaris yang diadakan setiap tahun ini dimeriahkan dengan lomba mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum berbasis pesantren. 

BACA JUGA:Selamat! 98.972 Guru Madrasah Bukan ASN Bakal Terima SK Inpassing, Kemenag Sudah Terbitkan

BACA JUGA:Guru Madrasah di Brebes Diduga Berbuat Asusila Terhadap 17 Muridnya, Polisi Turun Tangan

Kurikulum tersebut dibangun dari FKDT Kecamatan Bojong yang kemudian diusulkan kepada FKDT Kabupaten Tegal dan FKDT Provinsi Jawa Tengah.

"Kami berharap keberadaan Madrasah Diniyah akan tetap ada, terutama dengan adanya dukungan terhadap Madrasah Diniyah dari Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Peraturan Bupati Tegal insya Allah Madrasah Diniyah akan semakin maju," kata Shobirin.

Ketua FKDT Jawa Tengah Ahmad Sururi menambahkan, baru ada satu kabupaten di Jawa Tengah yang telah membuat Peraturan Daerah tentang Pendidikan Keagamaan dan satu kecamatan di Jawa Tengah yang bisa menginisiasi kegiatan Pekan Madaris.

"Kegiatan ini merupakan satu-satunya di Jawa Tengah bahkan di Indonesia. Mudah-mudahan daerah lain bisa belajar di Pemkab Tegal dan Pekan Madaris ini bisa menjadi ikon Madrasah seluruh Indonesia," ujarnya. 

BACA JUGA:Seorang Guru Madrasah di Brebes Diduga Cabuli Belasan Muridnya

BACA JUGA:Minta Dicek, Bupati Tegal Singgung Praktik Nakal Perolehan Ijazah Diniyah dan SK Madrasah

Kegiatan Pekan Madaris ini digelar oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Bojong. Kegiatan ini merupakan wadah silaturahmi sekaligus wahana kompetisi antarmadrasah se-Kecamatan Bojong.

Sumber: radartegal.disway.id