DC Pinjol Datang Tagih Utang Debitur Tidak Boleh Asal, Lakukan Negoisasi Hingga Kirim Surat Peringatan

DC Pinjol Datang Tagih Utang Debitur Tidak Boleh Asal,  Lakukan Negoisasi  Hingga  Kirim Surat Peringatan

-YouTube@eggi_channel-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Gagal bayar menjadi persoalan besar terlebih lagi pasti akan dikejar-kejar debt collector menagih utang. DC Pinjol akan datang tagih utang debitur tidak boleh asal, karena ada sejumlah hal perlu dilakukan dan diperhatikan.

DC Pinjol Tidak Bisa Asal  Datang Tagih Utang Debitur

Debt  collector merupakan pihak ketiga fintech lending setelah 90 hari, debitur tidak mampu membayar cicilan utang. Kondisi demikian seperti ini peran debt  collector begitu besar mengumpulkan pembayaran  dari peminjam yang belum lunas.

BACA JUGA:Ada Peraturannya dari OJK, Teror DC Pinjol Ternyata Tidak Boleh Melebihi Batas Waktu Berikut

Namun, bukan berarti DC pinjol  bisa asal datang ke rumah ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sebelum mereka mengambil keputusan menagih utang yang harus diambil dari peminjam tidak mampu membayar cicilan.

Lakukan Negosiasi

Hal  menarik dari masalah DC Pinjol akan datang tagih utang debitur tidak boleh asal dengan melakukan negosiasi kepada debitur. Negosiasi  dalam arti  bahwa debt collector memiliki sifat kooperatif dan terbuka saat akan mendatangi ke rumah.

Negosiasi dalam  penyelesaian kredit macet perlu strategi salah  satunya komunikasi,kemudian dari komunikasi  akan memfasilitasi jalannya negoisasi. Pendekatan seperti demikian DC pinjol bisa menawarkan beberapa opsi pembayaran.

 Atau dengan kata lain mereka dapat memberikan solusi alternatif yang nanti bisa dipilih sesuai kemampuan finansial. Dari mulai opsi angsuran,  penundaan atau penjadwalan ulang hingga pengurangan jumlah utang  bila memungkinkan yang nantinya menguntungkan kedua belah pihak.

Hubungi Kontak Telepone atau Chat  SMS

Tidak hanya opsi negoisasi  saja yang debt collector pilih, mereka juga akan menghubungi  kontak telephone dan chat SMS  secara berkala. Bukan tanpa alasan   cara ini, tetapi untuk memastikan kondisi keuangan atau  kemungkinan  mencari solusi lainnya yang tepat.

Opsi menghubungi  kontak telephone dan chat SMS akan menjadi langkah penting untuk melacak atau menelurusi kondisi nasabah. Apakah sedang mengalami kesulitan keuangan atau hanya menghindari pembayaran dengan menyatakan berbagai alasan.

Pertimbangkan Kemampuan Peminjam

DC Pinjol akan datang tagih utang debitur tidak boleh asal lantaran penting pertimbangkan kemampuan peminjam. Tidak boleh gegabah dalam aksi menagih cicilan perlu selalu  memperhatikan hal ini  secara jelas  agar terhindar tekanan berlebihan pengaruh situasi keuangan.

Beri Surat Peringatan

Solusi lain yang bisa ditempuh bila negoisasi dan lainnya tidak membuahkan hasil, dapat dilakukan dengan mengirimkan surat peringatan kepada peminjam. Surat tersebut yang berisi rincian utang, jatuh tempo pembayaran berikut ancaman  tindakan  jika tidak  segera dilunasi.

BACA JUGA:Kaum Galbay Wajib Simak 5 Cara Lunasi Hutang Pinjol agar Tidak Didatangi DC Lapangan, Begini Caranya

Melansir  akun Instagram OJK@ojkindonesia mengatakan bahwa  POJK nomor 10/POJK.05/2022  berisi tentang Layanan Pendanaan  Bersama Berbasis  Tehnologi  Informasi. Penyelenggara wajib melakukan penagihan kepada peminjam paling sedikit surat peringatan.

Tips DC Pinjol Tidak Datang Lagi Ke Rumah

Debt collector yang ditunjuk pihak ketiga  oleh perusahaan pembiayaan untuk tagih utang. Cara bertugasnya memang membuat sebagian besar nasabah menghindar menemuinya.

Mengutip dari  akun TikTok@ Hendra  Yusuf   setidaknya ada 3 tips agar DC pinjol tidak akan datang ke rumah. Langkah pertama membuat kesepakatan dengan debt collector kemudian jangan mengabaikan pesan atau telpon..

BACA JUGA:Sering Diteror DC Pinjol Galbay? Coba Cek Skor Kredit BI Checking/SLIK Kamu Jangan Sampai Skornya Seperti Ini

Pastikan balas pesan    dan angkat telephone berasal dari debt collector karena memang sudah terjadi kesepakatan. Apabila    pesan maupun telephone diabaikan kemungkinan akan datang lagi ke rumah.

Tidak lupa pula selalu tepati janji bayar utang sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya. Apabila ingkar janji debt collector sudah tidak percaya kepada nasabah,  tentu masalah baru muncul lagi dan  semoga menginspirasi.*

 

Sumber: