Digelar di 47 Desa, Polisi Janji All Out Amankan Pilkades Serentak Kabupaten Tegal

Digelar di 47 Desa, Polisi Janji All Out Amankan Pilkades Serentak Kabupaten Tegal

PAPARAN - Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK memaparkan kesiapan jajaran polisi dalam mengamankan semua tahapan Pilkades serentak.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang 1 segera digelar di Kabupaten Tegal. Polisi berjanji all out mengamankan hajat  besar proses demokrasi di tingkat desa tersebut.

Pilkades gelombang I yang akan diikuti 47 desa di 17 kecamatan di Kabupaten Tegal itu dipastikan akan mendapatkan pengamanan polisi. Polres Tegal akan all out mengamankan tahapan tersebut hingga penetapan dan pelantikan kades terpilih.

Terkait pengamanan polisi, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menegaskan hal tersebut. Kapolres menyampaikannya di tengah kegiatan sosialisasi dan pengarahan kesiapan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang I di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal. 

Pihaknya menegaskan, polisi sempat melakukan pemetaan panjang bersama PJU Polres Tegal terkait kerawanan di Kabupaten Tegal pada pesta demokrasi Pilkades serentak. 

BACA JUGA:Jelang Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Tegal 2023, Kapolres Cek Kesiapan Kendaraan Dinas

BACA JUGA:Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Kisruh dan Memanas, Ratusan Massa Geruduk Balai Desa

"Dapat disimpulkan adanya kebutuhan personel pengamanan sebanyak 725 orang dari instansi terkait yang bertugas mengamankan tahapan pilkades serentak ini," ungkapnya, Jumat 22 September 2023. 

Pihaknya menegaskan, Bhabinkamtibmas dan polisi RW Polres Tegal telah bergerak secara masif setiap hari memberikan sosialisasi dan langkah-langkah preemtif, edukatif serta humanis kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tegal. 

"Imbauan yang diserukan adalah menjaga kesatuan dan persatuan di Kabupaten Tegal, tetap bersaudara, menjaga silaturahmi positif walau berbeda pilihan," ungkapnya.

Perwira asal Dukuhkrajan Surabaya ini merinci personel polisi dan lainnya yang akan melakukan tugas PAM Pilkades serentak. Terdiri dari 310 anggota Polres Tegal, 225 personel BKO baik dari Brimob Polda Jateng maupun Polres samping seperti Polres Brebes, Tegal Kota dan Pemalang.

BACA JUGA:Wahai Calon Kades se Kabupaten Tegal, Ada Denda 25 Juta Jika Lakukan Ini Pada Tahapan Pilkades 2023

BACA JUGA:Sempat Diprotes, Panitia Pilkades Sumingkir Kabupaten Tegal Komit Hanya Tetapkan 2 Calon Kades

Termasuk 190 personel dari instansi terkait seperti Kodim 0712 Tegal, serta Satpol PP Kabupaten Tegal. Personel tersebut nantinya akan bertugas mengamankan 47 Desa Pelaksana Pilkades Serentak Gelombang I, pada 17 wilayah hukum Polsek Polres Tegal. 

"Kerawanan yang sudah kami petakan, akan mengamankan sasaran berupa orang, benda, lokasi dan kegiatan sebagai upaya mewujudkan pilkades serentak yang aman, damai dan kondusif," tandasnya. ***

Sumber: