Tidak Ada Formasi di P3K 2023, Ribuan Nakes Geruduk KPT Brebes

Tidak Ada Formasi di P3K 2023, Ribuan Nakes Geruduk KPT Brebes

Perwakilan nakes saat menyampaikan orasinya terkait formasi nakes di depan KPT Brebes, Jumat 22 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Ribuan tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Brebes, Jumat 22 September 2023 menggeruduk Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes. Mereka mencari keadilan terkait formasi dalam seleksi P3K yang dibuka Pemkab Brebes. 

Mereka menilai, formasi P3K di Kabupaten Brebes lebih cenderung ke formasi tenaga pendidik atau guru. Hal ini lantaran, jumlah formasi P3K tenaga pendidik di Kabupaten Brebes cukup banyak. Sedangkan untuk tenaga kesehatan tidak ada alias nol.

Ribuan nakes datang ke KPT Brebes sekitar pukul 09.00 WIB. Setibanya di KPT Brebes, mereka langsung menggelar orasi terbuka dan membentangkan sejumlah poster. "Kami menuntut keadilan formasi nakes," ujar salah seorang pendemo.

Selama orasi terbuka, nakes sejumlah anggota jajaran Polres Brebes mengamankan aksi tersebut. Sementara belasan perwakilan nakes diterima langsung oleh Sekda Brebes, Djoko Gunawan untuk beraudiensi, di ruang rapat Bupati Brebes. 

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Brebes, Edy Purwato mengaku sangat ironis. Hal ini, karena selama Pandemi Covid-19 nakes menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19, justru tidak dianggap dengan tidak adanya formasi pada seleksi P3K. 

Sejauh ini, nakes di Brebes memilih diam, tetapi dengan munculnya ketidakadilan tersebut, nakes mulai bergerak. "Aksi ini sangat mendadak, karena sudah di luar batas. Sehingga, kami turun ke jalan untuk menuntut keadilan," ungkapnya saat audiensi dengan Pemkab Brebes.

Dia menegaskan, dari formasi guru P3K yang jumlahnya mencapai 1.000 lebih, para nakes menuntut 50 persen diokasikan untuk nakes. Atau, minimal 30 persennya. "Ini harapan dan permintaan kami," ucapnya.

Sementara itu, Sekda Brebes Djoko Gunawan menyampaikan bahwa awalnya pihaknya mendapatkan alokasi perekrutan P3K 2023 ini sejumlah 2.555 formasi. Jumlah tersebut terdiri dari 1.646 formasi guru, 813 formasi nakes dan 96 formasi teknis.

"Dari formasi itu kita sudah menyusun formasi semuanya, bahkan untuk kepastian anggaran 2024 kita sudah berkirim surat ke Kementerian Keuangan agar dipastikan penganggaran keungan rencana P3K 2023 tercover pada GAU 2024," ujarnya.

Namun, hingga Jumat 15 September 2023 lalu, kata dia, belum ada jawabna surat itu. Kemudian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSSMD) Brebes berkirim surat ke Kementerian Keuangan. Dan ternyata, alokasi tambahan P3K 2023 hanya sekitar 70 persen dari 2.555 formasi.

"Nah, dari situ kita sudah putuskan bagaimana untuk formasinya 50 persen guru 50 persen nakes. Ternyata persetujuan dari Kementerian PAN RB karena guru adalah prioritas nasional harus segera kita selesaikan maka salah satunya harus di take down. Sehingga, kita mengambilnya formais guru dan teknis lainnya," pungkasnya.

Bahkan, hingga pukul 12.43 WIB sejumlah nakes masih bertahan di depan KPT Brebes menyeruakan tuntutannya. Tuntutan merka hanya ingin ada formasi nakes di P3K 2023 ini.***

Sumber: