Sempat Panas, Desa Sumingkir Disambangi Polisi yang Patroli Pengamanan Pilkades

Sempat Panas, Desa Sumingkir Disambangi Polisi yang Patroli Pengamanan Pilkades

TURUN - Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod SH SIK bersama Dandim 0712/ Tegal memimpin gelar patroli gabungan polisi dan prajurit TNI dalam pengamanan tahapan pilkades serentak.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Sempat memanas karena ada protes dari warga pada panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Desa Sumingkir Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal disambangi polisi yang melakukan patroli.

Diketahui, polisi di wilayah Kabupaten Tegal terus mengamankan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang 1 di wilayah Kabupaten Tegal. Untuk keperluan tersebut, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK sengaja turun menggunakan motor.

Komitmen polisi untuk mengamankan tahapan pilkades serentak gelombang I di wilayah Kabupaten Tegal dilakukan bersinergi dengan prajurit Kodim 0712/ Tegal. Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK memimpin giat patroli gabungan bersama Dandim 0712/ Tegal Letkol Inf Suratman SIP MIP.

Dengan motor dinas, keduanya terjun ke lapangan memantau agenda penetapan bakal calon kades menjadi calon kades. Sebelum patroli gabungan polisi dan prajurit TNI dimulai, kapolres sempat menggelar apel kesiapan patroli sinergitas di halaman mapolres setempat. 

BACA JUGA:Panas! Panitia Pilkades Sumingkir Kabupaten Tegal Diprotes, Puluhan Warga Geruduk Balai Desa

BACA JUGA:Seru Nih! Pilkades Serentak Bakal Diikuti 22 Kades Incumbent di Kabupaten Tegal

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menyatakan patroli sinergitas polisi dan prajurit ini sengaja dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman.

"Saat agenda penetapan bakal calon kades menjadi calon kades di ajang pilkades serentak gelombang I yang diikuti 47 desa di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal," ujarnya Jumat 15 September 2023.

Perwira asal Surabaya ini juga menyatakan bahwa kegiatan patroli polisi bersama prajurit ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan dari Polres Tegal beserta jajarannya kepada masyarakat terkait Pilkades 2023. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman. 

“Patroli ini sebagai upaya cipta kondisi di wilayah untuk tetap terpelihara dengan baik. Kita tingkatkan patroli dialogis dengan warga serta sambang ke calon kepala desa," ucapnya.

BACA JUGA:Pilkades Slawi Kulon Kabupaten Tegal Rawan Gejolak, Gara-gara Sekdes Masih Berangkat

BACA JUGA:Pilkades Serentak Gelombang I Kabupaten Tegal, 2 Desa Ajukan Uji Kompetensi Balon Kades

Dalam pelaksanaannya, patroli gabungan tersebut menyasar beberapa desa dengan karakteristik kerawanan tinggi sebagai penguatan personel polisi pengamanan antisipasi potensi konflik sosial. 

Selain menyambangi Desa Sumingkir, polisi juga berpatroli di Pangkah, dan Dukuhrwringin.

Sumber: