DC Pinjol Legal Nagih Utang Malam-malam ke Rumah, Bolehkah? Ini Cara Paling Efektif Menghadapinya

DC Pinjol Legal Nagih Utang Malam-malam ke Rumah, Bolehkah? Ini Cara Paling Efektif Menghadapinya

Cara paling efektif menghadapi DC pinjol legal yang mendatangi rumah nasabah di malam hari.-foto: tangkapan layar akun youtube @bajo gamalama-

Trik paling efektif usir DC pinjol legal

1. Sambut DC Layaknya Tamu

Sambut DC layaknya tamu yang datang untuk berkunjung. Jika dia sudah mengenalkan diri sebagai DC yang sedang bertugas, berarti wajib memiliki 4 dokumen seperti ID Card, KTP, surat tugas, dan nama nasabah dan nama DC tersebut.

BACA JUGA:10 Daftar Pinjol yang Tidak Ada DC Lapangan dan Sudah Resmi OJK dengan Limit Pinjaman Tinggi Sampai Rp20 Juta

2. Jangan Pernah Takut

Jamal memberikan tips kepada nasabah cara menghadapi DC Pinjol yang datang ke rumah pada malam hari. Yang perlu dilakukan nasabah adalah tidak pernah takut. Jangan pernah simpan memori ketakutan dipikiran kalian.

3. Pastikan Nilai  Uangnya

Saat Anda didatangi DC pinjol legal, coba minta bukti nilai rupiah yang tercatat di surat tugas. Ada nilai besaran rupiah yang tertunda.

4. Cocokan Nama DC Pinjol yang Bertugas

Dokumen tentang nama yang tertera dalam surat tugas, pastikan cocok dengan uidentitas lainnya. Karena surat tugas juga ada masa kadaluarsanya atau jangka waktu selama bertugas.

Itulah sebabnya nasabah harus berani meminta surat tugas kepada DC, pastikan siapa yang ditugaskan dan siapa yang menugaskan. Mereka wajib menunjukkannya.

BACA JUGA:Ga Punya DC Lapangan! Ternyata 3 Platform Pinjol ini Resmi Sehingga Tak Ada Teror Waktu Galbay

Masa berlaku surat tugas debt collector

Jamal menegaskan surat tugas hingga sertifikasi penagihan wajib dimiliki oleh seluruh tenaga penagihan atau DC pinjol legal. Karena sudah diatur dalam POJK Nomor 10 tahun 2022.

Hal ini bertujuan untuk menujukkan bahwa merka memiliki kompetensi dan kaulifikasi untuk melakukan penagihan kepada nasabah. 

Sumber: