Sempat Diprotes, Panitia Pilkades Sumingkir Kabupaten Tegal Komit Hanya Tetapkan 2 Calon Kades

Sempat Diprotes, Panitia Pilkades Sumingkir Kabupaten Tegal Komit Hanya Tetapkan 2 Calon Kades

PENETAPAN - Sekcam Kedungbanteng Aji Wiratno menyampaikan sambutan saat acara penetapan bakal calon menjadi calon kades bersama Panitia Pilkades di Desa Sumingkir, Jumat 15 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Karena setelah panitia Pilkades Kabupaten Tegal melakukan klarifikasi ke lembaga pendidikan yang bersangkutan, ternyata tidak terdaftar. Sehingga berkas pendaftaran bakal calon kades dikembalikan lagi.

"Sementara Endang Sri Umamahwati, berkasnya lengkap. Kami juga sudah melakukan klarifikasi ke sekolahnya," ujar Ahmad Taufik.

Sekretaris Camat Kedungbanteng Aji Wiratno menjelaskan, Pilkades serentak gelombang 1 di Kecamatan Kedungbanteng berlangsung di 3 desa. Selain di Sumingkir, yakni di Desa Tonggara dan Semedo.

Dia mengimbau, bagi warga yang tidak puas dengan aturan pilkades serentak ini, supaya diselesaikan dengan baik. Gunakan aturan yang benar dan tidak memprovokasi masyarakat.

BACA JUGA:Pilkades Serentak Gelombang I Kabupaten Tegal, 2 Desa Ajukan Uji Kompetensi Balon Kades

BACA JUGA:Jelang Pilkades Serentak, Polres Tegal Gelar Pelatihan Pengendalian Massa

Warga dipersilakan untuk tabayun dan musyawarah. Pihaknya sebagai pengawas akan berlaku netral dan transparan.

"Kita tidak akan memperlakukan tidak adil kepada para calon, karena kita melayani semuanya," ujar Aji.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal Dessy Arifianto mengungkapkan, Pilkades serentak ini digelar di 47 desa di Kabupaten Tegal. Adapun, agenda pada Jumat, 15 September 2023 ini adalah penetapan bakal calon menjadi calon kades.

Dessy berharap, masyarakat bisa menjaga kondusivitas desa. Sehingga, pelaksanaan pilkades dapat berjalan lancar dan bisa mendapatkan kades terpilih yang baik, sesuai keinginan masyarakat.

BACA JUGA:Indikasi Kecurangan Panitia Pilkades Dukuhwringin Mencuat, Begini Hasil Klarifikasi Camat Slawi

BACA JUGA:Tegas! Dinas Permades Kabupaten Tegal Larang Panitia Pilkades Tarik Uang Pendaftaran Bakal Calon Kades

"Semoga masyarakat bisa lebih dewasa dalam berdemokrasi. Artinya, beda pilihan tapi tetap menjaga persaudaraan," ujarnya.

Dessy tak menampik, saat ini ada salah satu desa yang digugat di Pengadilan ihwal pelaksanaan Pilkades. Namun demikian, tahapan Pilkades tetap berjalan.

"Termasuk jika di Sumingkir akan digugat, tahapan Pilkades tetap berjalan. Tapi kami berharap, pilkades ini bisa berjalan dengan lancar," kata Dessy yang hadir di Balai Desa Sumingkir. 

Sumber: radartegal.disway.id