Sudah Lama Jabatan Kades Kosong, Pilkades PAW Desa Karangbale Brebes Akhirnya Digelar

Sudah Lama Jabatan Kades Kosong, Pilkades PAW Desa Karangbale Brebes Akhirnya Digelar

Salah seorang warga saat menyalurkan hak suara dalam Pilkades PAW di Desa Karangbale, Kecamatan Larangan, Rabu 17 April 2024.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Setelah lama jabatan kepala desanya kosong, salah satu desa di Kabupaten Brebes kembali menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pemilihan Antar Waktu (PAW), Rabu 17 April 2024. Kali ini, Desa Karangbale Kecamatan Larangan  menggelar Pilkades PAW.

Camat Larangan Eni Listiana membenarkan kalau ada salah satu desa di wilayahnya yang menggelar Pilkades PAW. Dalam Pilkades PAW Karangbale ini diikuti oleh tiga calon.

"Iya benar, tadi pagi di Desa Karangbale sudah menggelar Pilkades PAW. Total ada tiga calon dalam Pilkades PAW tersebut. Dan yang terpilih adalah Pak Ansor," ujarnya.

Eni mengatakan, jabatan Kepala Desa (Kades) Karangbale sudah lama kosong karena pejabat terdahulu mengundurkan diri dari jabatannya. Untuk menjalankan roda pemerintahan sebelumnya, sudah ada Pejabat (Pj) Kades.

BACA JUGA: 15 Desa di Brebes Gelar Pilkades PAW, 8 Diantaranya Sudah Terlaksana

"Selama kekosongan itu diisi oleh Pj Kades. Dan untuk pelantikan Kades PAW terpilih masih menunggu dari instruksi dari kabupaten. Jadi selama belum dilantik, roda pemerintahan masih dijabat oleh Pj Kades," jelasnya.

Selama pelaksanaan Pilkades PAW Karangbale, lanjutnya, sedikitnya ada 15 personel Polri dan dua anggota TNI serta empat petugas Trantib menjaga jalannya Pilkades PAW.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar, terangnya.

Dia berharap, kepada Kades PAW terpilih nanti setelah dilantik dapat segera melanjutkan program desa yang sudah ada.

BACA JUGA: 3 Desa di Brebes Gelar Pilkades Pergantian Antar Waktu, Ini Hasilnya

"Ya harapan kami, kepada kades PAW terpilih jika sudah dilantik banti bisa segera melanjutkan program yang sudah ada, bila perlu lebih baik lagi," tukasnya.

Dari informasi data yang diterima, selain Pilkades PAW Karangbale, sejumlah desa di Kabupaten Brebes telah melaksanakan Pilkades PAW. Desa tersebut yakni, Desa Bulakamba, Wanatirta, Pakujati, klKedungbokor, Sigambir, Tembongraja, Sidakaton, Blubuk dan Desa Karangbale.

Sedangkan yang belum, yakni Desa Banjarharjo, Blandongan, Banjar Lor, Pamedaran dan Desa Bentar. Sedangkan ada satu desa yang sudah melaksanakan Pilkades PAW namun tidak kuorum dan harus diulang yakni Desa Dawuhan.(*)

Sumber: