Dear Pecinta Kuliner Brebes, Ratusan Pedagang di Alun-alun Pindah ke Kompleks Stadion Karangbirahi

Dear Pecinta Kuliner Brebes, Ratusan Pedagang di Alun-alun Pindah ke Kompleks Stadion Karangbirahi

Sejumlah pedagang di kompleks Alun-alun Brebes saat boyongan ke tempat yang baru yakni di Kompleks Stadion Karangbirahi Brebes.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Kawasan Alun-alun Brebes saat ini tengah dilakukan penataan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes. Dalam penataan itu, sedikitnya ada 170 pedagang kaki lima (PKL) yang menjual berbagai makanan atau kuliner khas Brebes dipindah ke Kawasan Stadion Karangbirahi Brebes

Dari jumlah 170 PKL itu, sebagian yang biasa berjualan di dekat Kantor Pos dan Shelter sebelah timur alun-alun. 

Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Brebes, Akhmad Jazuli mengatakan, para PKL di lingkungan komplek Alun-alun sudah sepakat dengan pemerintah daerah terkait perpindahan tempat berjualan. Pemindahan barang-barang PKL sudah dilakukan terlebih dulu. 

Sementara, Kamis 7 September 2023 lalu mereka mulai berjualan di tempat baru setelah diminta untuk pindah tempat. Pada dasarnya, mereka mendukung revitalisasi alun-alun agar terlihat lebih rapih.

"Semuanya ada 170 PKL sudah pindah ke Stadion Karangbirahi. Ini PKL dari Kawasan Alun-alun, terus PKL yang berjualan di dekat Kantor Pos, dan di shelter timur," ungkap Akhmad Jazuli usai boyongan. 

Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi pemerintah yang telah menyediakan tempat berjualan saat Alun-alun Brebes dilakukan revitalisasi atau penataan. Terlebih, tempat PKL yang baru saat ini sudah dilengkapi fasilitas memadai untuk kebutuhan para PKL. Namun demikian, para PKL mengaku harus mencari pelanggan baru saat berjualan di tempat baru. 

"Kalau sudah terbiasa dan pelanggan sudah tahu mungkin mereka akan tetap datang untuk membeli," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes, Sutaryono mengaku, pihaknya telah berkordinasi dengan pihak terkait. Termasuk perwakilan dari para pedagang. Sebagai pemerintah, pihaknya telah menyediakan tempat relokasi yang layak bagi usaha para PKL.

"Sebelum pekerjaan dilaksanakan nanti PKL direlokasi ke komplek Stadion Karangbirahi," pungkasnya.***

Sumber: