Dapat Kenang-kenangan Gitar Tua dari Pengamen, Ganjar Nyanyi 'Bento' Bareng Musisi Jalanan Semarang

Dapat Kenang-kenangan Gitar Tua dari Pengamen, Ganjar Nyanyi 'Bento' Bareng Musisi Jalanan Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dapat kenang-kenangan gitar tua bersejarah milik musisi jalanan Semarang.--

RADAR TEGAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapatkan hadiah gitar kayu tua dari seorang musisi jalanan di Kota Semarang bernama Tumono. 

Gitar itu diberikan kepada Ganjar sebagai kenang-kenangan dan bentuk terima kasih dari Tumono dan kawan-kawan musisi jalanan.

Momen bersejarah itu tercipta tatkala Ganjar Pranowo menonton Pentas Apresiasi Musisi Jalanan di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, Minggu 3 September 2023 malam. 

Awalnya Ganjar datang hanya untuk menyaksikan para musisi jalanan menampilkan pertunjukan dan karyanya. 

BACA JUGA:Jelang Purna Tugas Ganjar Digeruduk Penyapu Jalan hingga Kader Posyandu, Ada apa?

Ia tiba di lokasi sekira pukul 20.00 WIB, ketika grup musik Tuan Besar naik panggung. Setibanya Ganjar, ia langsung disambut hangat oleh para musisi dan penonton di lokasi.

Usai penampilan dari Tuan Besar, Ganjar kemudian diminta naik ke atas panggung untuk memberikan sambutan. Setelah itu Ganjar diberikan kejutan oleh Tumono yang naik panggung sambil membawa gitar kayu tua bersejarah miliknya. 

Secara spontan Tumono langsung memberikan gitar bersejarah miliknya kepada Ganjar sebagai tanda kasih dan kenang-kenangan darinya dan musisi jalanan Kota Semarang.

"Ternyata ada pengamen yang sudah berganti alat musik dari gitar ke angklung. Kemudian itu (gitar) dipersembahkan kepada saya. Gitarnya lumayan tua jadi pasti ada sejarah yang panjang dari seorang pengamen. Keren," kata Ganjar tentang kenang-kenangan berupa gitar dari musisi jalanan itu.

BACA JUGA:Jambore Kebangsaan Kawal Pemilu Damai 2024, Ganjar: Jateng Harus Jadi Contoh Pemilu Damai

Selanjutnya Ganjar ditodong untuk jamming bareng dengan para musisi. Ganjar dan para musisi jalanan yang sudah mendapatkan sertifikasi itu menyanyikan lagu "Bento" ciptaan legenda musik Indonesia Iwan Fals.

"Itu penggembira saja. Untung ada temannya (di panggung), kalau nggak (mungkin) lari semua penontonnya," ujar Ganjar sembari tertawa bersama para musisi.

Tumono mengaku gitar kayu tua yang diberikan kepada Ganjar Pranowo itu memang memiliki sejarah panjang. Gitar itu sudah menemani Tumono mengamen sejak kelas 1 SMP. 

Ia memberikan gitar kesayangan itu kepada Ganjar karena sudah menjadi pemimpin yang baik di Jawa Tengah dan peduli dengan musisi dan seniman.

Sumber: